Netizen

Viral Jokowi Keseleo Lidah Sebut Padang Sebagai Provinsi di RI

Viral Jokowi Keseleo Lidah Sebut Padang Sebagai Provinsi di RI
Warganet tengah dihebohkan dengan beredarnya potongan video pendek saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) \'keseleo lidah\' sebut Padang sebagai provinsi. (foto: Sekretariat Presiden).

Jakarta - Warganet tengah dihebohkan dengan beredarnya potongan video pendek saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) 'keseleo lidah' karena menyebut Padang sebagai provinsi di RI. Padahal, Padang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

Kita tunggu pembelaan dan pembenaran mati-matian dari para jubir dan buzzer.. semangat zerrr...

Video itu diketahui merupakan agenda kerja terbaru presiden saat menyampaikan sambutannya dalam rangka peninjauan pembangunan Tol Trans Sumatera, ruas Pekanbaru-Bangkinang, pada Rabu, 19 Mei 2021.

Presiden RI ke-7 itu menerangkan bahwa tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Bangkinang sudah sepanjang 40 kilometer dan akan mengarah ke Padang. Menurut Jokowi, dengan dibangunnya tol, nantinya akan memberikan daya saing terhadap negara dan produk yang ada di Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau.

Baca juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Jokowi Minta Sumut, Kepri, dan Riau Hati-Hati

"Kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain dan produk-produk yang ada, baik di Provinsi Riau dan di Provinsi Padang, nantinya akan memiliki daya saing yang baik terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara lain," kata Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 19 Mei 2021.

Merespons video Jokowi keseleo lidah, ada warganet yang menganggap kalau presiden tidak lulus tes wawasan kebangsaaan. "Ini jelas ngga lulus tes wawasan kebangsaan," cuit @fullmoonfolks dilihat Kureta, Rabu tadi.

Bahkan ada warganet yang menunggu konter narasi dari para buzzer pembela RI-1. "Kita tunggu pembelaan dan pembenaran mati-matian dari para jubir dan buzzer.. semangat zerrr...," kicau @PapaTeeBee.

Terdapat juga spekulasi kalau nantinya Jubir Presiden, Fadjroel Rachman bakal melakukan pembenaran terhadap apa yang sudah diucapkan atasannya.

Baca juga: Togu Simorangkir Akan Jalan Kaki Porsea-Jakarta Minta Jokowi Tutup TPL

"Fadjroel langsung sibuk googling cari foto Padang," kata @thisisandri.

Ada juga netizen yang menyindir, sebaiknya Wakil Presiden Ma'ruf Amin diajak tampil memimpin negeri. "Kalau capek istirahat pak, biar wakil berdarah muda seperti Ma'ruf Amin yang memimpin," cuit @___wildbornean.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan, pernyataan Presiden Jokowi tak memiliki maksud tertentu dengan mengucapkan Provinsi Padang. Menurutnya, RI-1 bermaksud menyebut Provinsi Sumatera Barat, karena jalan tol Trans Sumatera akan tembus hingga kota Padang.

"Enggak ada. Maksudnya provinsi Sumbar (Sumatera Barat), Kota Padang. Kan jalan tol dari Pekanbaru sampai Padang," kata Heru kepada wartawan, Rabu, 19 Mei 2021. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Yohanes Charles - 19 January 2022 | 21:47 WIB
BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
News
Yohanes Charles - 19 January 2022 | 21:04 WIB
Pembangunan jogging track, dikerjakan oleh anggota Satgas Citarum bersama masyarakat.
News
Rio Anthony - 19 January 2022 | 20:29 WIB
Pantau Kenaikan Harga Bahan Pokok, Disperindag, Gandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Sidak Ke Pasar Terong
News
Tigor - 19 January 2022 | 20:14 WIB
Tim KPK membawa tujuh orang hasil OTT di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Salah satunya Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin.
News
Rio Anthony - 19 January 2022 | 19:58 WIB
Mayat seorang pria berusia 76 tahun di Kabupaten Manggarai ditemukan membusuk.
News
Andi Nasution - 19 January 2022 | 19:52 WIB
Pria pembawa senpi dan amunisi ke samping Pos Lantas di Tapanuli Selatan, mengaku sudah pernah sekali memakai (menembakkannya).
News
Morteza Syariati Albanna - 19 January 2022 | 19:28 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menganggap suntikan dana puluhan miliar rupiah untuk bisnis es doger miliknya merupakan hal wajar.
News
Andi Nasution - 19 January 2022 | 19:18 WIB
Seorang pria di Tapanuli Selatan, diboyong oleh polisi karena membawa senpi rakitan berikut amunisi ke areal Pos Lalu Lintas.
News
Morteza Syariati Albanna - 19 January 2022 | 18:59 WIB
Ketua Central Creative Industries of Abdya (CCIA) Yudya Pratidina mengundurkan diri dari kepenggurusan. Hal ini berdasarkan SK Bupati Abdya.
Loading ...