News

Ultah ke 53, Catatan dan Perjalanan Karier Kapolri Listyo Sigit Prabowo

Ultah ke 53, Catatan dan Perjalanan Karier Kapolri Listyo Sigit Prabowo
Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: dok. Polri)

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merayakan ulang tahun yang ke-53 pada Kamis, 5 Mei 2022. Pemimpin korps Bayangkara kelahiran Ambon, Maluku 5 Mei 1969, merupakan salah satu sosok berpengaruh pada 2021 lalu.

Listyo Sigit resmi dilantik jadi Kapolri pada awal 2021 silam. Jenderal lulusan Akademi Kepolisian angkatan 1991 ini, didaulat menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Sebelum pengangkatan, Listyo Sigit merupakan calon tunggal yang disodorkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR untuk menjadi Kapolri.

Dalam perjalanan kariernya, Listyo Sigit tercatat banyak menghabiskan masa pengabdiannya dengan bertugas di wilayah hukum Polda Jawa Tengah.

Pada tahun 2009, dia pernah menjabat sebagai Kapolres Pati dan kemudian menjadi Kapolres Sukoharjo. Listyo juga tercatat sebagai Wakapoltabes Semarang pada 2010 lalu. Pada tahun 2011, sang Jenderal mendapat promosi dan bertugas sebagai Kapolres Surakarta atau Solo.

Jokowi dan KapolriPresiden Joko Widodo (kiri), Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan). (Foto:Kureta/Istimewa)

Sewaktu bertugas menjadi Kapolres Solo, Listyo bekerja di wilayah administrasi pimpinan Joko Widodo yang kala itu menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Selama bertugas di Solo, Listyo tercatat pernah menangani satu kasus menonjol yakni bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh (GBIS) di Kepunton, Solo. Peristiwa tersebut, menewaskan pelaku dan melukai 9 orang yang berada di sekitar gereja.

Usai peristiwa tersebut, karir Listyo Sigit terpantau kian melesat. Dia ditarik ke Bareskrim dan kemudian menjabat Direskrimum dan bertugas di Polda Sulawesi Tenggara.

Pada tahun 2014, Jokowi dan Listyo kembali mesra. Setelah memenangkan pemilu 2014, Presiden Joko Widodo menunjuk Listyo sebagai ajudannya.

Listyo kemudian didaulat untuk menduduki jabatan Kabareskrim, setelah sempat menjadi Kapolda Banten dan selanjutnya menjabat Kadiv Propam Mabes Polri.

Listyo Sigit PrabowoKapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.(Foto:Kureta/Istimewa)

Nama Listyo Sigit Prabowo masuk dalam daftar tokoh "terpegah" alias terpopuler dan berpengaruh sepanjang tahun 2021 versi Lembaga Indonesia Indicator (I2), bersama sederet tokoh nasional mulai dari Presiden Jokowi hingga Gubernur DKI Anies Baswedan.

Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengatakan, Presiden Jokowi berhasil menjadi orang nomor satu dalam daftar tokoh paling populer dan berpengaruh di media sosial dan daring Indonesia sepanjang tahun 2021 versi Indonesia Indicator (I2).

Menurutnya, hasil ini, berasal dari data riset pada periode 1 Januari 2021 - 19 Desember 2021.

"Tercatat ada 970.720 pernyataan Presiden Jokowi yang dikutip media. Sementara nama Presiden Jokowi disebutkan dalam 804.469 berita," ujar Rustika, dikutip Kureta pada Sabtu, 1 Januari 2022 silam.

Sementara figur kedua yang paling berpengaruh dan terpegah sepanjang 2021, kata Rustika, adalah Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Ia mengatakan ada 443.666 pernyataan Kapolri yang dikutip media, sementara namanya disebutkan dalam 169.994 berita.

"Penanganan Covid-19 yang cukup masif hingga di seluruh wilayah Indonesia," tutur dia.

Baca juga: Kapolri Apresiasi Mahasiswa Bagikan 30 Ribu Paket Sembako: Terus Lakukan Langkah Nyata

Baca juga: Kapolri Siapkan Gerai Vaksin Booster untuk Para Pemudik

"Gerakan vaksinasi massal di polres-polres, penertiban protokol kesehatan, PPKM, serta pengamanan Lebaran dan Natal-tahun baru menjadi beberapa isu yang banyak dikaitkan dengan sosok Kapolri," ujar Rustika kala itu. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 17:05 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD mengaku bakal mencari formula untuk mereformasi bidang hukum peradilan.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 16:01 WIB
Kotak resmi mengumumkan rencananya untuk menggelar tur konser bertajuk HANTAM 18th KOTAK di 8 kota di Indonesia.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 15:19 WIB
Devano resmi merilis single terbaru yang diberi tajuk Hari Paling Bahagia, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-20.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 14:37 WIB
Aqeela Calista kembali berkarya di dunia tarik suara dengan merilis single cover versinya untuk lagu Kau Curi Lagi milik grup band J-Rocks.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 13:43 WIB
Festival musik Pestapora 2022 sukses digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta sepanjang akhir pekan lalu.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 12:30 WIB
Pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 10:52 WIB
Anggota MPR RI Netty Aher menilai terjadinya beberapa kasus hukum yang menyedot perhatian belakangan ini karena kurangnya pengamalan Pancasila.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 0:00 WIB
Opini Firman Jaya Daeli mengenai Pembangunan Kelembagaan Politik dan Penguatan Kualitas Otonomi Daerah.
Loading ...