News

Terungkap Alasan Ketua CCIA Aceh Barat Daya Mengundurkan Diri

Terungkap Alasan Ketua CCIA Aceh Barat Daya Mengundurkan Diri
Eks Ketua Central Creative Industries of Abdya (CCIA) Yudya Pratidina. (foto: Kureta-Opsi/Syamsurizal).

Aceh Barat Daya - Ketua Central Creative Industries of Abdya (CCIA) Yudya Pratidina mengundurkan diri dari kepenggurusan. Hal ini berdasarkan SK Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Nomor 412 Tahun 2020.

Berdasarkan SK Bupati Abdya nomor 768 tahun 2020, CCIA yang dahulu dipimpinnya merupakan pengelola Aplikasi Tokopika milik Pemerintah Kabupaten Abdya yang dibangun dengan nilai kontrak Rp 1,32 miliar. Aplikasi ini merupakan e-commerce produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Yudya mengundurkan diri dikarenakan beberapa alasan, di antaranya SK sudah satu tahun. Alasan lain, yaitu agar terjadi penyegaran di CCIA.

Namun, di sisi lain ketika ia mengutarakan hal tersebut kepada Bupati Abdya, orang nomor satu di Abdya merasa keberatan. Sebab, Yudya dinilai memiliki pengetahuan, gagasan, dan jaringan yang cukup baik.

"Saya sudah sampaikan permohonan maaf kepada bupati perihal ini. Beliau nampaknya keberatan. Sebab, bagaimanapun saya sudah lama bersama dengan beliau membina CCIA," kata Yudya kepada Kureta di Aceh Barat Daya, Rabu, 19 Januari 2022.

Namun, Yudya tidak menutup diri. Dia mengaku jika diperlukan akan selalu siap untuk membantu Bupati Abdya mengelola Tokopika dan CCIA secara profesional.

Kata dia, jika seandainya diperlukan adanya pengelola baru, maka Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Abdya dinilainya cocok mengisi kekosongan di kursi Ketua CCIA.

Yudya Pratidina, telah menjabat selama dua tahun. Selama menjabat Yudya telah mengelola Tokopika sehingga digunakan oleh 700 lebih pengguna, di antaranya 200 lebih toko aktif yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Kata dia, beberapa waktu lalu pengelolaan Tokopika mendapat apresiasi dari DPRK Abdya. Tidak hanya itu, Yudya bersama mitranya turut aktif bergerilya mempromosikan Tokopika hingga ke berbagai daerah, salah satunya di Pulau Weh, Sabang melalui kegiatan expo yang diadakan di sana.

"Pada saat itu, CCIA memeroleh piagam penghargaan atas partisipasinya sebagai salah satu peserta expo," ujarnya.

Menurutnya, Tokopika juga banyak mendapat tawaran kerja sama, baik melalui lisan atau maupun melalui Aplikasi Medsos yang disampaikan kepadanya. 

Namun, kerjasama-kerjasama itu harus dibatalkan lantaran dirinya sudah tidak lagi menjabat di CCIA.

Selain itu, dirinya juga pernah melibatkan sejumlah tokoh nasional dalam mempromosikan Tokopika, di antaranya seperti Ustadz Abdul Somad (UAS) dan Ust. Hanan Ataki.

"Bahkan di awal launching Tokopika, anggota DPRA dan DPR RI juga sempat memberi ucapan selamat bagi aplikasi e-Commerce UMKM kita ini," ujarnya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Rio Anthony - 24 May 2022 | 21:36 WIB
Hujan petir diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Rabu, 25 Mei 2022.
News
Tigor - 24 May 2022 | 20:52 WIB
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan janjinya akan membangun jalan pertanian kepada petani jeruk.
News
Tigor - 24 May 2022 | 19:08 WIB
PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mengagendakan turnamen pramusim.
News
Tigor - 24 May 2022 | 18:54 WIB
Kapolda Simanjuntak mendatangi peternakan di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:44 WIB
Pascabadai pandemi Covid-19 yang menerpa dunia hingga haji ditiadakan untuk jemaah Indonesia, termasuk Aceh, membuat rindu.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:42 WIB
Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh menyebutkan stok vaksin merek Sinovac mulai menipis di Aceh. Hal ini menjadi penghambat vaksinasi anak.
News
Fernandho Pasaribu - 24 May 2022 | 17:34 WIB
Fraksi PPP DPR RI meminta pemerintah lebih mengoptimalkan belanja dengan berfokus pada perlindungan sosial serta subsidi energi.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:30 WIB
emerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, melakukan gladi resik pelantikan calok kepala desa.
News
Fernandho Pasaribu - 24 May 2022 | 17:27 WIB
Tito Karnavian kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:27 WIB
Masyarakat Desa Padang Datar, Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh meninggal dibacoki ODGJ.
Loading ...