News

Rumah Warga di Dogiyai Papua Dibakar OTK

Rumah Warga di Dogiyai Papua Dibakar OTK
Rumah warga dibakar OTK di Papua. (Foto: Kureta/Istimewa)

Dogiyai - Sejumlah orang tak dikenal (OTK) membuat aksi teror di Kabupaten Dogiyai, Papua. Mereka membakar rumah warga hingga rata dengan tanah.

Aksi teror tersebut dilaporkan berlangsung di wilayah Ikebo, Kimipugi hingga Ekimanida. Pembakaran terjadi pada Senin 23 Mei 2022 dan Selasa 24 Mei 2022. Pembakaran itu dilakukan dua hari berturut-turut.

Beruntung dalam aksi teror tersebut tak sampai menimbulkan korban jiwa, namun sebagian rumah warga hangus rata dengan tanah.

Baca juga: Nahas, Warga Aceh Meninggal Dunia Dibacoki ODGJ

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri, menugaskan anggotanya untuk memburu dan menangkap para pelaku teror.

"Saya minta satu hal yang paling utama mencari akar persoalannya kenapa sampai terjadi pembakaran dua hari berturut-turut ini. Mudah-mudahan sudah ada laporan awal namun saya minta untuk didalami," kata Irjen Mathius kepada wartawan, Selasa 24 Mei 2022.

Kapolda Papua juga perintahkan Polres Nabire agar berkoordinasi dengan Kapolres Dogiyai. Polres Nabire diminta memberikan bantuan mengingat kedua daerah ini bertetangga.

"Saya sudah perintahkan Kapolres Nabire untuk segera memberikan bantuan Kapolres Dogiyai, sudah berkoordinasi," kata Fakhiri.

Kata Fakhiri, dia sudah memerintahkan personel Brimob untuk terjun ke lokasi. Brimob akan diterjunkan dari Timika dan Jayapura namun jumlah pasukannya belum diumumkan.

"Besok saya akan mengirim perkuatan Brimob baik dari Timika maupun Batalyon A di Jayapura untuk melakukan langkah tegas apa yang dilakukan masyarakat," katanya.

Selain mengirim bantuan pengamanan, Polda Papua juga akan mengirimkan sejumlah pejabat utamanya untuk mendalami mengapa rumah warga kerap dijadikan sasaran pembakaran.

"Besok saya akan mengirim pejabat utama untuk hadir di Dogiyai untuk melihat secara langsung apa yang terjadi baik dampak pembakaran itu, kerugian materil maupun yang lainnya," sambung Fakhiri. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...