News

Ratusan UMKM se-Solo Raya Ikut Pelatihan Digital Entrepreneurship

Ratusan UMKM se-Solo Raya Ikut Pelatihan Digital Entrepreneurship
105 UMKM se-Solo Raya mengikuti pelatihan digital entrepreneurship. (Foto: Kureta/Humas Pemprov Jateng)

Solo - Pemerintah Kota Surakarta menggandeng Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Dan Penelitian (BPSDMP) Kementerian Kominfo Yogyakarta menggelar pelatihan digital entrepreneurship yang diikuti 105 UMKM se-Solo Raya.

Kegiatan yang berlangsung mulai 2 hingga 3 Februari tersebut untuk melatih pelaku UMKM, agar mampu bersaing dalam digital marketing/online marketing, serta pengelolaan keuangan.

Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa saat membacakan sambutan Wali kota Surakarta mengatakan, pelaku UMKM harus tetap bertahan dan beradaptasi dalam pandemi Covid-19 dengan menggunakan teknologi, untuk membantu mengembangkan usahanya.

“Penjualan secara on line laris sekali. Dan kesempatan kali ini yang digelar Kementerian Kominfo untuk melatih UMKM belajar digital marketing, sesuai dengan visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali kota Kurakarta, untuk meningkatkan UMKM Kota Surakarta (agar terus) bertahan, bahkan semakin meningkat ke kelas menengah ke atas,” ujar Teguh.

Di sisi lain, penggunaan teknologi juga penting agar UMKM Kota Surakarta mampu bersaing, sehingga turut mem-branding Kota Solo yang tidak hanya dikenal sebagai kota budaya, dan wisata, namun juga sebagai kota perdagangan digital, kuliner dan smart city.

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan pembekalan oleh Dinas Kominfo dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta.

Perwakilan BPSDMP Kemenkominfo Yogyakarta, Suwarto menjelaskan pentingnya pelatihan tersebut bagi UMKM dalam rangka mempersiapkan pengusaha tangguh, untuk meningkatkan pendapatan usahanya, mengelola keuangan dan akses dana, dengan memanfaatkan teknologi.

“Kemenkominfo membantu up skilling atau re skilling pelaku usaha atau yang merintis usaha, menyiapkan pengusaha tangguh yang memanfaatkan teknologi digital, dan membantu meminimalisir pengangguran terbuka di masyarakat,” terang Suwarto.

Suwarto juga berharap output kegiatan tersebut mampu dimanfaatkan peserta dalam merencanakan, mengelola keuangan dan mendistribusikan informasi mengenai produk usaha mereka.

Baca juga

Pelaku UMKM di Mamuju Berusaha Bangkit di Masa Pandemi Covid-19

Kemenkop UKM Siapkan 10 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital

Kegiatan pelatihan tersebut merupakan pembekalan oleh Dinas Kominfo dan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Surakarta. Instruktur yang dihadirkan berasal dari Universitas Gadjah Mada dan BRI Surakarta dengan 13 jam pelajaran selama dua hari.

Kemudian materi pelatihan berupa Dasar Pengelolaan Keuangan, Aplikasi Pengelolaan Keuangan Digital,  Dasar Digital Marketing, Akses permodalan dan Digipreneur Naik Kelas dan Go Global. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...