Alur

Profil Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Nyentrik Jadi Fotografer G20 Bali

Profil Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Nyentrik Jadi Fotografer G20 Bali
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat jadi fotografer di Forum KTT G20 Bali, Rabu, 16 November 2022. (foto: dok. PUPR).

Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjadi buah bibir setelah aksinya menjadi fotografer dalam forum KTT G20 di Bali pada Rabu, 16 November 2022, menjadi sorotan warganet.

Cuplikan video Menteri Basuki ‘nyempil’ di antara fotografer profesional lain ketika mengikuti kegiatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa tamu negara G20 lainnya di Bali, viral di media sosial.

Dalam video itu, Basuki tampil ‘nyentrik’ sedang memotret, pakai topi dibalik. Aksi Menteri PUPR ini pun menarik perhatian netizen dan namanya melambung jadi trending topik Twitter dengan lebih dari 15 ribu kicauan warganet membicarakan dirinya.

Menteri PUPR BasukiMenteri PUPR Basuki Hadimuljono nyempil jadi fotografer di KTT G20 Bali, Rabu, 16 November 2022. (foto: tangkapan layar).

Memang, bukan kali ini saja aksi Menteri Basuki menjadi bahan perbincangan publik. Sebelumnya, ia juga pernah menjadi sorotan karena ciamik juga saat menabuh drum dan masih menggunakan hape jadul, bukan tipe gawai canggih seperti android.

Berikut Sepak Terjang Basuki Hadimuljono:

Pemilik nama lengkap Mochamad Basoeki Hadimoeljono, akrab disapa Pak Bas, merupakan Menteri PUPR dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi.

Basuki menjadi menteri yang tidak tersentuh reshuffle dalam Kabinet Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla periode 2014-2019. Kariernya sebagai Menteri PUPR pun berlanjut dalam Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin periode kerja 2019-2024.

Basuki sempat mengenyam pendidikan di SMA Negeri 5 Surabaya. Lulus dari sekolah, pria asal Solo kelahiran 5 November 1954 ini langsung mendaftar sebagai mahasiswa jurusan S1 Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta

Setelah meraih gelar sarjana pada tahun 1979 silam, Basuki pun memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S2 di Colorado State University, hingga menyabet gelar Magister dan Doktor Teknik Sipil dari perguruan tinggi di Amerika Serikat tersebut.

Memiliki gelar Doktor (S3), Basuki pun memutuskan kembali ke Tanah Air. Dia sempat menduduki posisi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum selama periode 2005 hingga 2007. 

Karier Basuki kian melejit, sempat menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dari 2007 hingga 2013 dan berujung dipromosikan menjadi Direktur Jenderal Penataan Tata Ruang Kementerian Pekerjaan Umum.

Pada Oktober tahun 2014, Basuki Hadimuljono dipilih menjadi Menteri PUPR RI, setelah ia mengabdi selama 30 tahun sebagai pegawai negeri. 

Selain itu, Pak Bas tercatat sempat menjadi Komisaris Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Basuki juga sempat beberapa kali masuk ke media massa kala ditunjuk sebagai anggota tim penanggulangan lumpur Lapindo pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pendidikan

- S-1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

- Magister (S2) Colorado State University, Amerika Serikat

- Doktor (S3) Teknik Sipil, Colorado State University, Amerika Serikat

Karier

- Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum periode 2005–2007

- Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum periode 2007–2013

- Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum

- Menteri PU dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

Loading ...