Alur

Profil dan Perjalanan Karier Dorce Gamalama

Profil dan Perjalanan Karier Dorce Gamalama
Dorce Gamalama. (Foto: Instagram/dg_kcp)

Jakarta - Artis serba bisa Dorce Gamalama meninggal dunia dalam usia 58 tahun pada Rabu pagi, 16 Februari 2022. Selebriti bernama asli Dedi Yuliardi Ashadi itu mengembuskan napas terakhir usai dirawat selama tiga pekan di di RSPP Simprug Jakarta.

Mengutip Opsi ID, Dorce Gamalama terlahir sebagai laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi di Solok, Binjai, Sumatera Barat pada, 21 Juli 1963.

Nama panggung "Dorce" mulanya diberikan oleh Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls lantaran saat menjalani profesinya Dorce lebih sering memposisikan dirinya sebagai seorang perempuan meski sosok pria masih sangat kental pada dirinya.

Untuk mendukung totalitas kepribadian dan penampilannya di atas panggung, Dorce melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada tahun 1983.

Ia kemudian lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama. Nama Gamalama diambil dari Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku.

Setelah kepulangannya dari ibadah haji, ia juga menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Dorce GamalamaDorce Gamalama. (Foto: Instagram/dg_kcp)

Semasa hidupnya, Dorce Gamalama dikenal publik sebagai penghibur dengan berbagai latar belakang, termasuk sebagai aktris, penyanyi, presenter, hingga komedian yang mengawali karier di penghujung tahun 1980-an.

Namanya mulai muncul  di jagat hiburan Tanah Air setelah Dorce kerap muncul di TVRI, yang saat itu menjadi satu-satunya stasiun TV yang melakukan siaran.

Selain sebagai pembawa acara dan komedian, Dorce juga mahir membawakan lagu dalam berbagai bahasa asing, seperti Inggris, Mandarin, Belanda, Jerman, Prancis, Arab, dan India.

Meskipun begitu, dalam sebuah wawancara Dorce mengaku merasa lebih nyaman jika disebut sebagai penghibur, dan bukan penyanyi.

Karier Dorce di kancah hiburan Tanah Air kian berkembang dengan datangnya berbagai tawaran untuk bermain film. Bergelut di kancah akting dijalaninya dengan membintangi film Dorce Sok Akrab, Dorce Ketemu Jodoh dan lainnya.

Selain itu, tawaran kontrak untuk masuk ke dapur rekaman juga diambilnya. Sepanjang karier, Dorce tercatat telah menelurkan sejumlah album musik.

Dorce GamalamaDorce Gamalama. (Foto: Instagram/dg_kcp)

Nama Dorce bahkan masuk dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran berhasil meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006.

Album yang melibatkan 74 artis itu, menempatkan Dorce masuk di posisi 1883 dalam daftar penerima penghargaan MURI.

Pencapaian lain seorang Dorce Gamalama adalah masuknya ia sebagai dalam daftar presenter papan atas Indonesia.

Dorce meninggal dunia pada Rabu, 16 Februari 2022 pukul 07.30 di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug, Jakarta Selatan akibat komplikasi penyakit diabetes dan Covid-19.

Jenazah mendiang Dorce Gamalama, langsung dimakamkan dengan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. []


Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...