News

Presiden Jokowi Bahas Transisi Pandemi ke Endemi

Presiden Jokowi Bahas Transisi Pandemi ke Endemi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengumumkan mudik Lebaran boleh tapi harus booster. (foto: YouTube/Sekretariat Presiden),

Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan perihal penetapan status dari pandemi Covid-19 menjadi endemi belum bisa dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Masih ada transisi kira-kira enam bulan," kata Presiden Jokowi saat meninjau sirkuit Formula E di Jakarta Utara, Senin, 25 April 2022.

Khusus tahun 2022 ini, pemerintah membolehkan masyarakat melakukan mudik Lebaran ke kampung halaman. Sebab, kasus positif Covid-19 sudah mulai melandai.

"Ya kita yang pertama memang mudik kita perbolehkan, karena melihat angka-angka kasus harian memang sudah sangat rendah dan kasus aktifnya kan sudah di bawah 20.000, memang rendah" ucapnya.

Kendati begitu, Presiden tidak mau gegabah terburu-buru mengubah status pandemi menjadi endemi, meski di sisi bersamaan angka pencapaian vaksinasi dosis lengkap semakin baik.

Pun demikian pemakaian masker dan menjaga protokol kesehatan harus terus dilakukan oleh warga agar tidak terjadi ledakan Covid-19 setelah Lebaran.

"Tetapi apapun ada masa transisi, yang kita masih harus hati-hati. Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker. Enggak ini," tuturnya.

Menurutnya, pemerintah akan terus melakukan evaluasi terkait kebijakan di dalam negeri, menyesuaikan dengan situasi dan keadaan.

"Kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih pakai masker. Ada tahapan-tahapan dan kita tidak perlu tergesa-gesa," ucapnya.

Pemerintah sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan setelah dua tahun dihantam gelombang Covid-19.

"Karena apapun, kita punya pengalaman saat Delta, seperti apa saat Omicron, sehingga kehati-hatian kewaspadaan itu tetap harus," kata Presiden Jokowi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...