News

Polda Metro Segera Periksa Bahar Smith dan Eggi Sudjana

Polda Metro Segera Periksa Bahar Smith dan Eggi Sudjana
Habib Bahar bin Smith (HBS). (foto: istimewa).

Jakarta - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya tak lama lagi akan segera memeriksa Habib Bahar bin Smith dan Eggi Sudjana.

Saat ini penyidik sedang melakukan penyelidikan dan pendalaman terkait dengan laporan tersebut. Tentunya, ke depan ini akan berproses secara hukum

Bahar Smith dan Eggi Sudjana diperiksa selaku terlapor dalam kasus ujaran kebencian berdasar suku, agama, ras, dan antargolongan atau SARA.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menegaskan, kepolisian akan melanjutkan proses hukum terkait laporan tersebut.

Kendati demikian, Zulpan belum membeberkan kapan pemeriksaan akan dilakukan terhadap Bahar dan Eggi.

"Karena laporan yang diberikan pelapor terhadap terlapor ini memiliki data. Artinya memiliki bukti visualisasi ataupun rekam jejak digital terkait dengan laporan itu yang disertakan saat membuat laporan. Jadi tentunya kami akan agendakan untuk melanjutkan prosesnya ini," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis, 23 Desember 2021.

Untuk saat ini, lanjutnya, penyidik masih melakukan penyelidikan. Dia memastikan Bahar dan Eggi akan diperiksa untuk mengusut tuntas kasus tersebut.

Eggi SudjanaKetua Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA) Eggi Sudjana di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (3/8/2021) saat mengomentari kicauan Denny Siregar dan Ade Armando terkait sumbangan 2 triliun Akidi Tio.

"Saat ini penyidik sedang melakukan penyelidikan dan pendalaman terkait dengan laporan tersebut. Tentunya, ke depan ini akan berproses secara hukum," ucap Zulpan.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Endra Zulpan membenarkan adanya pihak yang melaporkan Habib Bahar bin Smith dan Eggi Sudjana ke Polda Metro Jaya.

"Ya ada laporannya," ujar Kombes Zulpan kepada wartawan, di Jakarta, dikutip Opsi, Senin, 20 Desember 2021.

Khusus Habib Bahar Smith, ada dua laporan polisi dari masyarakat terhadap sosok penceramah berambut gondrong itu.

"Iya betul, ada dua laporan polisi yang kami terima dengan terlapor Bahar Smith," ujar dia lagi.

Habib Bahar bin Smith dan Eggi Sudjana dilaporkan ke polisi karena keduanya diduga melanggar aturan hukum soal ujaran kebencian mengandung unsur suku, agama, ras, dan antargolongan atau SARA.

Berdasar surat yang beredar, di kalangan wartawan, laporan teregistrasi dengan Nomor: LP/B/6146/XII/2021/SPKT POLDA METRO JAYA. Laporan itu dilayangkan oleh seseorang pada tanggal 7 Desember 2021.

Keterangan di dalam surat itu, Habib Bahar dan Eggi Sudjana dilaporkan atas Pasal 28 Ayat 2 Juncto Pasal 45A Ayat 2 dan atau Pasal 32 Ayat 1 Juncto Pasal 48 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik atau ITE dan atau Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 207 KUHP.

Selanjutnya, pada 17 Desember 2021, Bahar Smith dilaporkan oleh seorang mahasiswa berinisial TN. Pelaporan tersebut teregister dengan nomor laporan polisi: LP/B/6354/XII/2021/SPKT/Polda Metro Jaya, pada 17 Desember 2021.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Rio Anthony - 24 May 2022 | 21:36 WIB
Hujan petir diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Rabu, 25 Mei 2022.
News
Tigor - 24 May 2022 | 20:52 WIB
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan janjinya akan membangun jalan pertanian kepada petani jeruk.
News
Tigor - 24 May 2022 | 19:08 WIB
PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mengagendakan turnamen pramusim.
News
Tigor - 24 May 2022 | 18:54 WIB
Kapolda Simanjuntak mendatangi peternakan di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:44 WIB
Pascabadai pandemi Covid-19 yang menerpa dunia hingga haji ditiadakan untuk jemaah Indonesia, termasuk Aceh, membuat rindu.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:42 WIB
Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh menyebutkan stok vaksin merek Sinovac mulai menipis di Aceh. Hal ini menjadi penghambat vaksinasi anak.
News
Fernandho Pasaribu - 24 May 2022 | 17:34 WIB
Fraksi PPP DPR RI meminta pemerintah lebih mengoptimalkan belanja dengan berfokus pada perlindungan sosial serta subsidi energi.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:30 WIB
emerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, melakukan gladi resik pelantikan calok kepala desa.
News
Fernandho Pasaribu - 24 May 2022 | 17:27 WIB
Tito Karnavian kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:27 WIB
Masyarakat Desa Padang Datar, Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh meninggal dibacoki ODGJ.
Loading ...