News

Pilkades Bertungen Julu Ricuh, Kapolda Sumut Turun ke Lokasi

Pilkades Bertungen Julu Ricuh, Kapolda Sumut Turun ke Lokasi
Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak siaga di Dusun I, Desa Bertungen Julu, Kabupaten Dairi, untuk memastikan situasi tetap kondusif di desa itu pasca ricuh usai penghitungan suara Pilkades. (Foto Istimewa)

Dairi - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Bertungen Julu, Kabupaten Dairi, yang digelar pada Kamis 25 November 2021 berlangsung ricuh karena salah satu calon tidak terima dengan hasil akhir penghitungan suara.

Menyikapi kericuhan itu, Kepala Polda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak, pada Jumat dinihari, 26 November 2021, langsung turun dan siaga di Dusun I, Desa Bertungen Julu, guna memastikan situasi kamtibmas tetap kondusif.

Selain Kapolda Sumut, juga turut di lokasi antara lain Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Danyonif 125/SMB, Letkol Inf Budianto Hamdani Damanik, dan Kasdim 0206/Dairi, Mayor Inf Sunarto.

Menurut informasi, Pilkades di Desa Bertungen Julu ada dua calon kepala desa yang bertarung. Kemudian sempat terjadi insiden usai penghitungan surat suara di dua TPS yang mencakup Dusun I, II, III, dan IV.

Usai penghitungan surat suara itu, calon kepala desa nomor urut 2 keberatan dengan hasilnya. Dan saat kotak suara akan dibawa ke kantor kecamatan, ada beberapa orang yang merebut dan merusak 1 kotak suara yang menyebabkan surat suara terhambur.

Kericuhan itu dapat diatasi setelah personel Polri dan TNI mengamankan lokasi, dan dilakukan mediasi.

Bupati Dairi, Eddy Keleng Berutu mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk saat ini harus menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

"Percayakan ini kepada aparat hukum bagaimana prosesnya. Aparat hukum sudah mengumpulkan alat bukti dan proses kedepannya," kata Eddy, dikutip Kureta pada Jumat, 26 November 2021.

Sedangkan Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi menegaskan, insiden perampasan dan perusakan kotak suara itu dapat diatasi setelah dilakukan mediasi dan personel TNI-Polri turut membantu mengamankan lokasi.

"Kepada pihak yang merasa keberatan atas hasil pemungutan suara dalam Pilkades 2021, silahkan menempuh jalur hukum sesuai aturan yang telah ditetapkan," ujar Hadi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Yohanes Charles - 19 January 2022 | 21:47 WIB
BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
News
Yohanes Charles - 19 January 2022 | 21:04 WIB
Pembangunan jogging track, dikerjakan oleh anggota Satgas Citarum bersama masyarakat.
News
Rio Anthony - 19 January 2022 | 20:29 WIB
Pantau Kenaikan Harga Bahan Pokok, Disperindag, Gandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Sidak Ke Pasar Terong
News
Tigor - 19 January 2022 | 20:14 WIB
Tim KPK membawa tujuh orang hasil OTT di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Salah satunya Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin.
News
Rio Anthony - 19 January 2022 | 19:58 WIB
Mayat seorang pria berusia 76 tahun di Kabupaten Manggarai ditemukan membusuk.
News
Andi Nasution - 19 January 2022 | 19:52 WIB
Pria pembawa senpi dan amunisi ke samping Pos Lantas di Tapanuli Selatan, mengaku sudah pernah sekali memakai (menembakkannya).
News
Morteza Syariati Albanna - 19 January 2022 | 19:28 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menganggap suntikan dana puluhan miliar rupiah untuk bisnis es doger miliknya merupakan hal wajar.
News
Andi Nasution - 19 January 2022 | 19:18 WIB
Seorang pria di Tapanuli Selatan, diboyong oleh polisi karena membawa senpi rakitan berikut amunisi ke areal Pos Lalu Lintas.
News
Morteza Syariati Albanna - 19 January 2022 | 18:59 WIB
Ketua Central Creative Industries of Abdya (CCIA) Yudya Pratidina mengundurkan diri dari kepenggurusan. Hal ini berdasarkan SK Bupati Abdya.
Loading ...