Alur

Perjalanan Inspiratif Arianto Mapada, Mantan Dosen yang Sukses Jadi Petani Anggur di Alor

Perjalanan Inspiratif Arianto Mapada, Mantan Dosen yang Sukses Jadi Petani Anggur di Alor
Mantan kader Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Arianto Mapada. (foto: ist).

Jakarta - Cerita perjalanan Arianto Mapada sungguh inspiratif hingga menjadi viral di media sosial. Mantan kader Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) itu diketahui berani banting setir, dari semula seorang akademisi, kini memilih menjadi petani anggur di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebelumnya, Arianto Mapada yang merupakan Magister jebolan S2 Universitas Indonesia (UI) ini tercatat bekerja sebagai dosen di Universitas Tribuana Kabupaten Alor.

Perjalanan menjadi petani anggur ini bermula dari kebiasaan Arianto dan kawan-kawannya yang gemar mengonsumsi buah tersebut. Uniknya, setiap ada biji anggur, tidak dibuang, melainkan dikumpulkan untuk selanjutnya disemai.

Baca jugaMaruarar Sirait Berharap Kader GAMKI dan GMKI Ikuti Rekam Jejak Menteri BKPM Bahlil

Adapun ide penyemaian biji anggur dicetuskan oleh sahabat dekatnya yang bernama Ady L. Mereka berdua memang kerap menikmati kesegaran buah anggur di kediaman salah satu senior mantan Ketua Umum PP GMKI dua periode, di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

Seiring berjalannya waktu, Arianto memilih pulang kampung. Dia coba menanam bibit anggur di Desa Mataru Selatan, Kalunan Eibiky, Kabupaten Alor. Banyak biji ia bawa dari Jakarta, untuk ditanam di pekarangan rumahnya dan di berbagai lahan, seperti di pinggiran pantai hingga kebun yang berada di lereng gunung. Juga, di lokasi ketinggian yang jauh dari perkampungan.

Ternyata, hasil penyemaian bibit anggur ini terbilang tidak sia-sia. Sebab, kini biji anggur itu sudah tumbuh subur menjadi tanaman merambat, sehingga sudah bisa dipanen kurang lebih 3-4 tahun terakhir dan berhasil dipasarkan.

Rumah Arianto memang terbilang tidak ada jaringan telepon maupun internet. Namun, dia tidak ambil pusing. Karena, ia berinteraksi dengan warga yang mendatangi perkebunan anggurnya. 

Baca juga: GMKI: Pelaksanaan Bank Tanah Harus Berdampak Positif bagi Rakyat

Tidak sedikit juga dari warga yang membawa pulang bibit anggur itu untuk ikut ditanam di beberapa tempat, hingga saat ini tumbuhan anggur menyebar di Pulau Alor.

Arianto sangat senang dengan pilihan hidupnya, berhasil menjadi petani anggur. Bibit yang ia bawa dari Jakarta tersebut membawa hasil yang lumayan bagus. Bahkan, membawa dampak positif bagi perekonomian petani di Alor. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...