News

Penumpang dari Bali dan Medan Dominasi Kedatangan ke Bandara Soetta

Penumpang dari Bali dan Medan Dominasi Kedatangan ke Bandara Soetta
Terjadi penurunan pergerakan pemudik lewat udara H-2 Lebaran. (Foto: Ist)

Jakarta - Pergerakan penumpang arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, didominasi kedatangan penerbangan dari Denpasar, Bali.

Sementara, untuk keseluruhan pergerakan pada 20 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, kurang lebih 200 ribu pergerakan penumpang

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, memasuki H+4 Lebaran jumlah penumpang melalui Bandara setempat mulai meningkat dengan didominasi kedatangan dari lima kota/kabupaten di Indonesia.

Dengan catatan di antaranya seperti kedatangan penumpang dari wilayah Denpasar Bali, Medan, Makassar, Surabaya dan Padang Sumatera Barat.

"Pemudik asal Bali berada diperingkat teratas hari ini, baru disusul Medan," Awaluddin di Tangerang, seperti mengutip ANTARA, Sabtu, 7 Mei 2022.

Menurutnya, dari dominasi kedatangan penumpang pada periode arus balik Lebaran di Bandara Soetta itu, paling banyak tercatat dari Denpasar Bali dan kemudian disusul oleh pergerakan kedatangan penumpang asal Medan.

Peningkatan arus balik di Bandara Soetta termonitor sejak Jumat, 6 Mei 2022 kemarin, dan sudah ada pergerakan pesawat di atas seribu penerbangan yakni persisnya 1.012 dan 135 ribu lebih pergerakan penumpang.

"Sementara, untuk keseluruhan pergerakan pada 20 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II, kurang lebih 200 ribu pergerakan penumpang," ujarnya.

Sementara itu, AP II Bandara Soetta telah memprediksi akan terjadi lonjakan hingga mencapai 137.734 orang dengan pergerakan pesawat 932 penerbangan pada puncak arus balik Lebaran 2022 yaitu di hari Minggu, 8 Mei 2022.

Sedangkan, lanjutnya, dari 20 bandara yang dikelola oleh AP II, tingkat kunjungan dan pergerakan pada hari ini ada kurang lebih mendekati angka sekitar 1.600 pergerakan pesawat dan di atas 200 ribu pergerakan penumpang.

"Sejak 7 Mei hari ini, 20 Bandara AP II (PT Angkasa Pura II) sudah meningkatkan kesiagaan posko angkutan Lebaran, karena diperkirakan prediksi besok adalah waktu puncak arus balik menggunakan transportasi udara khususnya di Bandara Soekarno Hatta ini," tuturnya.

Dia berpandangan, untuk langkah antisipasi terjadinya penumpukan sejumlah penumpang yang terjadi di Bandara Soetta Tangerang, maka pihaknya akan menerapkan sistem 'stand by' atau operasi Terminal 1B.

Selain itu, pihaknya juga kembali mengaktifkan Terminal 2F dan akan melakukan pola kombinasi antara penerbangan internasional serta domestik ataupun penyesuaian terhadap kondisi operasional.

"Kemudian tentu saja koordinasi dengan stakeholder baik airlines, Otban (Otoritas Bandara, Red), Bea Cukai, Imigrasi, ground handling, BKO Polri, kita sudah koordinasi dan sampai hari ini berjalan dengan baik di 20 bandara AP II, sehingga hal-hal tersebut kita pertahankan dengan konsisten sampai posko angkutan Lebaran berakhir 10 Mei mendatang," ucap Awaluddin.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:23 WIB
Berikut lirik lengkap lagu Terang milik Biru Baru.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:08 WIB
Grup duo Biru Baru resmi merilis karya teranyar berupa single yang diberi judul Terang.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 22:39 WIB
Penyanyi dangdut Fitri Carlina membagikan kisah suksesnya tampil di Amerika Serikat berkat saluran YouTube yang ia kelola.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:24 WIB
Anwar Hafid meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera membuat aturan teknis terkait pengisian pejabat sementara kepala daerah.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:15 WIB
Sondang berpandangan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan, perlu adanya dukungan dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 19:16 WIB
Kemenkes bilang 13 provinsi di Indonesia yang telah memenuhi capaian target 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 18:42 WIB
Martin Manurung mengapresiasi peluncuran pusat bantuan (call center) Lini Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Komoditi.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 16:25 WIB
Label rekaman Nagaswara resmi meluncurkan layanan multi channel network bernama Nagadigit, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:59 WIB
Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad mendorong Pemprov DKI dan polisi sanksi berat manajemen Holywings atas Muhammad dan Maria minum alkohol.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:53 WIB
Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mengecam manajemen Holywings Indonesia terkait promosi minuman beralkohol untuk Muhammad dan Maria.
Loading ...