News

Pasien Covid-19 Omicron Sebaiknya Isoman di Rumah

Pasien Covid-19 Omicron Sebaiknya Isoman di Rumah
Ilustrasi sakit isolasi mandiri. (foto: Shutterstock).

Jakarta - Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan menyarankan, apabila ada pasien Covid-19 varian Omicron yang tanpa gejala dan tanpa penyakit penyerta atau komorbid, maka cukup melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah dengan tata cara isolasi yang sama seperti varian sebelumnya.

Erlina melanjutkan, varian Omicron berbeda dengan varian Covid-19 sebelumnya, antara lain bergejala ringan bahkan tanpa gejala. Namun, penularannya lebih cepat, yaitu hampir lima kali lipat dan dapat "menyelinap" menghindari antibodi yang terbentuk.

Dalam catatannya, dari pasien yang dirawat di RSUP Persahabatan, tidak ada yang mengeluhkan sesak napas dan tidak butuh oksigen, yang menunjukkan tidak ada kerusakan paru.

Baca juga: Gejala Khas Omicron, Batuk dan Nyeri Tenggorokan

Kemudian, hanya sekitar 20 persen yang mengalami demam. Berbeda dengan varian Delta, di mana gejalanya 90 persen mengalami demam.

"Memang Omicron ini menunjukkan data bahwa virus berkembang di saluran napas atas, itu makanya gejala hanya ringan saja," kata Erlina kepada wartawan di Jakarta, dikutip Jumat, 28 Januari 2022.

Dia mengungkapkan, gejala umum yang ditemukan pada pasien Covid-19 varian Omicron yang dirawat di rumah sakit, berupa batuk dan nyeri tenggorokan.

Baca jugaPasien Omicron Tidak Sesak Napas dan Tak Butuh Oksigen

"Gejala yang umum mirip dengan gejala yang sering kita baca yang disampaikan CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), paling banyak gejala adalah batuk dan nyeri tenggorokan juga gatal tenggorokan. Ini adalah gejala yang khas Omicron," ucapnya.

Meski gejala ringan, apabila mengalami batuk dan sakit tenggorokan serta ada riwayat kontak dengan pasien Covid-19, dianjurkan segera melakukan tes.

Saat ini RSUP Persahabatan merawat 32 pasien Covid-19 dan enam di antaranya merupakan varian Omicron. Sebelumnya, rumah sakit tersebut merawat 17 pasien Omicron, sebagian besar yang sudah terbukti Omicron terpapar dengan kasus ringan dan sudah pulang. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 17:05 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD mengaku bakal mencari formula untuk mereformasi bidang hukum peradilan.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 16:01 WIB
Kotak resmi mengumumkan rencananya untuk menggelar tur konser bertajuk HANTAM 18th KOTAK di 8 kota di Indonesia.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 15:19 WIB
Devano resmi merilis single terbaru yang diberi tajuk Hari Paling Bahagia, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-20.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 14:37 WIB
Aqeela Calista kembali berkarya di dunia tarik suara dengan merilis single cover versinya untuk lagu Kau Curi Lagi milik grup band J-Rocks.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 13:43 WIB
Festival musik Pestapora 2022 sukses digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta sepanjang akhir pekan lalu.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 12:30 WIB
Pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 10:52 WIB
Anggota MPR RI Netty Aher menilai terjadinya beberapa kasus hukum yang menyedot perhatian belakangan ini karena kurangnya pengamalan Pancasila.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 0:00 WIB
Opini Firman Jaya Daeli mengenai Pembangunan Kelembagaan Politik dan Penguatan Kualitas Otonomi Daerah.
Loading ...