News

Misionaris Indonesia dari 70 Negara Bakal Ikuti Perayaan Paskah

Misionaris Indonesia dari 70 Negara Bakal Ikuti Perayaan Paskah
Paus Fransiskus memimpin Misa Paskah di Lapangan Santo Petrus, di Vatikan, Minggu, 17 April 2022. (Foto: Reuters-Remo Casilli)

Jakarta - Para perwakilan dan misionaris Indonesia dari 70 negara akan mengikuti perayaan bersama Paskah Diaspora Katolik Indonesia Sedunia dengan tema "Indonesia ke Benua-Benua" (Indonesia to the Continents).

Tidak dapat disangkal, para misionaris dan diaspora Katolik Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari komponen bangsa Indonesia

Kegiatan perayaan Paskah yang akan diadakan secara daring pada Sabtu, 7 Mei 2022 sekira pukul 15.00 WIB itu dipersembahkan secara khusus kepada para misionaris Indonesia yang berkarya di 70 negara tersebut.

Hal itu disampaikan dalam keterangan tertulis dari Panitia Perayaan Paskah Bersama Diaspora Katolik Indonesia Sedunia yang diterima di Jakarta, Selasa, 3 Mei 2022.

"Paus (Fransiskus) dengan tegas menyebut Indonesia sebagai pulau-pulau panggilan. Sebagai konsekuensinya, dalam konteks ini adalah Indonesia tidak hanya berarti Gereja Katolik Indonesia tetapi lebih luas lagi yakni bangsa-negara Indonesia yang merupakan satu kesatuan," kata ketua panitia penyelenggara kegiatan paskah itu A.M. Putut Prabantoro.

Perayaan Paskah akbar itu akan diawali dengan misa perayaan oleh Romo Leonardus Mali di Roma Italia, Romo Agustinus Purnomo MSF di Norwegia, Romo Paul Halek SSCC di Roma, dan Romo Markus Solo Kewuta SVD di Vatikan.

Penasihat panitia penyelenggara kegiatan Paskah itu, Romo Leonardus Mali mengungkapkan bahwa tradisi perayaan Natal dan Paskah bersama secara virtual dilakukan jaringan diaspora Katolik sedunia sejak 2020 di tengah pandemi Covid-19.

"Meski tema tahun ini adalah 'Indonesia to the Continents', secara makna tetap sama dengan tema tahun-tahun sebelumnya yakni 'Indonesia untuk Seluruh Dunia'," kata Leo.

"Perayaan kali ini diharapkan lebih luas dan meriah karena dipersembahkan serta sekaligus melibatkan para misionaris Indonesia yang saat ini sedang bermisi di 70 negara di seluruh dunia," ujarnya menambahkan.

Dia menyebutkan diaspora Katolik Indonesia yang akan mengikuti Paskah secara daring itu berada di 70 negara yang tersebar di 5 benua seperti Benua Amerika, Eropa, Afrika, Asia, dan Australia.

"Tidak dapat disangkal, para misionaris dan diaspora Katolik Indonesia merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari komponen bangsa Indonesia. Mereka adalah duta-duta Indonesia yang mempromosikan nilai-nilai serta budaya Indonesia seperti kerukunan, kekeluargaan, kebhinekaan, serta nilai-nilai Kristiani yang terikat dengan budaya Indonesia yang sangat kaya dan beragam, di negara-negara tujuan misi masing-masing," ucap Leo.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...