News

Menlu Sambut Baik Putusan Arab Saudi Cabut Larangan Warganya Datangi RI

Menlu Sambut Baik Putusan Arab Saudi Cabut Larangan Warganya Datangi RI
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi soroti pentingnya peran Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk hentikan agresi militer Israel atas Palestina. (foto: istimewa).

Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan Alsaud. Retno pun menyambut baik keputusan otoritas Kerajaan Saudi Arabia (KSA) yang mencabut larangan perjalanan bagi warganya yang akan berkunjung ke Indonesia.

"Otoritas KSA telah mencabut larangan warganya untuk berkunjung ke Indonesia," kata Retno melalui keterangan pers secara daring usai bertemu Menlu Arab Saudi Faisal bin Farhan Alsaud, Selasa, 7 Juni 2022.

Pencabutan larangan tersebut, kata Retno, sesuai dengan situasi pandemi yang sebenarnya di Indonesia yang tertangani dengan baik bahkan mendapat apresiasi dari banyak pihak, termasuk dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kita sambut baik keputusan ini yang kita harapkan akan berdampak pada pariwisata dan juga kunjungan-kunjungan bisnis," ujarnya.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut Menlu Retno meminta pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji bagi Indonesia, menyusul pandemi Covid-19 yang mulai mereda.

“Karena beberapa tahun terakhir tidak ada haji karena pandemi, kami berharap kuota ini dapat ditingkatkan di tahun-tahun mendatang,” ujarnya.

Retno mengapresiasi kuota haji untuk Indonesia sebesar 100.051 jamaah tahun ini, yang merupakan jumlah terbesar yang diberikan Saudi kepada jamaah haji asing.

“Saya mendoakan yang terbaik bagi pemerintah Saudi dalam menjalankan ibadah haji tahun 2022,” tutur Menlu Retno.

Retno bilang, sementara dari Menlu Saudi Arabia menjelaskan mengenai rencana ke depan apabila situasi membaik tentunya kuota haji akan ditingkatkan dan terus dibangun fasilitas-fasilitas pendukung untuk pelaksaan haji. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

Loading ...