News

Mengenang Sandiah Ibu Kasur, Seniman dan Pendidik Anak Indonesia

Mengenang Sandiah Ibu Kasur, Seniman dan Pendidik Anak Indonesia
Ilustrasi Ibu Kasur. (Foto: Google Doodle)

Jakarta - Laman pencarian internet Google, memberikan penghormatan kepada Sandiah Ibu Kasur lewat doodle. Hal itu diberikan tepat di hari ulang tahun sang seniman dan tokoh pendidikan kenamaan asal Indonesia itu, 16 Januari 2022.

Mengutip informasi dari laman Google Doodle, Sandiah merupakan nama dari seniman penghibur dan pendidik anak-anak Indonesia yang lebih dikenal sebagai Ibu Kasur oleh para penggemarnya.

Ibu Kasur terkenal sebagai sosok ibu yang sabar dan penyayang. Ia mengajarkan generasi muda Indonesia nilai-nilai moral dan pelajaran untuk masa depan di berbagai platform—paling terkenal sebagai pembawa acara anak-anak populer bertajuk Taman Indria.

Ibu Kasur lahir dengan nama Sandiah di Jakarta, Indonesia pada hari ini tahun 1926. Ia bergabung dengan Pramuka Indonesia, di mana ia bertemu dengan calon suaminya, Pak Kasur.

Didorong oleh dedikasi terhadap pendidikan anak-anak yang berkembang di SMP, Kasur dan suaminya membuka sekolah pendidikan awal bernama TK Mini di rumahnya sendiri pada tahun 1965.

Sekolah ini menjadi dasar bagi pengabdian seumur hidup Kasur terhadap pendidikan pemuda Indonesia.

Ibu KasurIlustrasi Ibu Kasur. (Foto: Wikipedia Commons)

Ibu Kasur memperluas program pendidikannya ke seluruh Indonesia sebagai pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia dan sebagai ketua Yayasan Setia Balita, yang mendirikan empat cabang taman kanak-kanak secara nasional pada 1990-an.

Ibu Kasur juga mengedit majalah anak-anak, memproduksi film anak-anak, dan membuat puluhan lagu anak-anak.

Jika Anda mendengarkan dengan seksama komposisi pendek khas Kasur, Anda dapat mendengar bahwa mereka mengecualikan huruf "r" untuk membuat lagu untuk anak-anak yang mudah diingat dan diucapkan.

Pada Hari Anak Nasional tahun 1988, Kasur dianugerahi Penghargaan Presiden atas prestasinya sebagai pendidik yang kreatif dan berdedikasi.

Saat ini, banyak dari 150 lagu anak-anak Kasur, seperti Kucingku atau Bertepuk Tangan, masih dinyanyikan oleh anak muda di seluruh Indonesia. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:23 WIB
Berikut lirik lengkap lagu Terang milik Biru Baru.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:08 WIB
Grup duo Biru Baru resmi merilis karya teranyar berupa single yang diberi judul Terang.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 22:39 WIB
Penyanyi dangdut Fitri Carlina membagikan kisah suksesnya tampil di Amerika Serikat berkat saluran YouTube yang ia kelola.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:24 WIB
Anwar Hafid meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera membuat aturan teknis terkait pengisian pejabat sementara kepala daerah.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:15 WIB
Sondang berpandangan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan, perlu adanya dukungan dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 19:16 WIB
Kemenkes bilang 13 provinsi di Indonesia yang telah memenuhi capaian target 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 18:42 WIB
Martin Manurung mengapresiasi peluncuran pusat bantuan (call center) Lini Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Komoditi.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 16:25 WIB
Label rekaman Nagaswara resmi meluncurkan layanan multi channel network bernama Nagadigit, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:59 WIB
Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad mendorong Pemprov DKI dan polisi sanksi berat manajemen Holywings atas Muhammad dan Maria minum alkohol.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:53 WIB
Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mengecam manajemen Holywings Indonesia terkait promosi minuman beralkohol untuk Muhammad dan Maria.
Loading ...