News

Lummo Semesta Dukung Ekosistem Usaha di Kawasan Joglo Semar

Lummo Semesta Dukung Ekosistem Usaha di Kawasan Joglo Semar
Ilustrasi Lummo on mobile. (Foto: Kureta/istimewa)

Jakarta - Perusahaan rintisan (startup) lokal Lummo, semakin memperkuat upaya mendorong digitalisasi pelaku usaha untuk mendukung ekosistem usaha yang adaptif di daerah dengan menghadirkan Lummo Semesta di kawasan Joglo Semar, alias Jogjakarta, Solo, dan Semarang.

Lummo sendiri merupakan penyedia solusi layanan perangkat lunak penghubung bisnis bagi pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dengan pelanggannya (Direct to Consumer - D2C, software-as-a-service - SaaS).

VP of Community and Merchant Success LummoSHOP, Fandy Silalahi, mengatakan bahwa sejalan dengan semangat memperkuat kompetensi UMKM daerah, Lummo menargetkan mendorong kemajuan lebih dari 10.000 UMKM lokal dan pebisnis yang berdaya saing dan fokus jualan online bergabung di Lummo Semesta.

"Serta mengoptimalkan LummoSHOP untuk mendukung operasional usahanya agar lebih efisien," kata Fandy Silalahi, dikutip Kureta pada Minggu, 13 Maret 2022.

Lummo Semesta merupakan program terintegrasi dari LummoSHOP yang memberikan pendampingan, mentorship, dan pelatihan kepada pelaku usaha agar dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat dalam mengembangkan usaha onlinenya.

Peluncuran Lummo Semesta ini diselenggarakan secara serempak di Semarang dan Solo pada tanggal 12 Maret yang dihadiri oleh Margaritha Mita Dewi Sopa, Kepala Bagian Perekonomian Kota Semarang,  M. David R. Wijaya Direktur Eksekutif KADIN Surakarta, Fandy Silalahi VP Community and Merchant Success LummoSHOP, dan Tri Sukma Anreianno VP Growth Lummo.

Sementara di Yogyakarta, peluncuran Lummo Semesta rencananya akan diresmikan pada 13 Maret 2022.

 

LummoVP of Community and Merchant Success LummoSHOP, Fandy Silalahi. (Foto: Tangkapan Layar Webinar)

LummoSHOP yang merupakan produk unggulan dari Lummo, membantu pelaku usaha membuat situs web resmi tokonya melalui www.lummoshop.co.id sehingga mereka dapat mengelola operasional bisnisnya dengan lebih efektif, membangun relasi dan menjual langsung ke pelanggannya, serta membangun merek dan identitas unik bisnis onlinenya.

Melalui LummoSHOP, pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dapat memanfaatkan solusi teknologi seperti mengakses riwayat pembelian, pengelolaan basis pelanggan, sehingga memungkinkan mereka untuk menganalisa dan menargetkan kembali pelanggan untuk melakukan pembelian.

Fitur lainnya yang membantu optimalisasi bisnis pelaku usaha diantaranya fitur chat commerce untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan, integrasi katalog, serta membuat situs web khusus melalui fitur custom domain.

Istimewanya, LummoSHOP memiliki fitur manajemen multi-platform, dimana pelaku usaha dan pemilik merek (brand) dapat menggunakan solusi perangkat lunak ini sebagai pusat operasional bisnis online yang memungkinkan mereka mengelola semua pesanan pelanggan dari berbagai platform belanja.

Saat ini, Lummo Semesta telah bekerja sama dengan beberapa lembaga dan dinas pemerintahan seperti Disperindag, KADIN, BPOM, MUI, Dinas Koperasi dan UMKM untuk mendukung daya saing pelaku usaha.

Dengan bergabung di Lummo Semesta, para pelaku usaha dapat mengikuti berbagai kegiatan pelatihan pengembangan usaha seperti webinar dan kopdar yang diadakan rutin, pendampingan untuk memperoleh kemudahan di berbagai aspek usaha seperti perizinan usaha, pengembangan akses pasar, sertifikasi halal dari MUI, sertifikasi dari BPOM, dan lain-lain.

Pendampingan ini mendapatkan sambutan dan kepercayaan yang baik oleh para pelaku usaha karena membantu mereka mengatasi tantangan usaha untuk meningkatkan skala bisnis mereka.

Disamping memudahkan pelaku usaha untuk mengoptimalkan LummoSHOP untuk mendorong bisnis mereka bertumbuh, Lummo Semesta melakukan berbagai program pendampingan diantaranya Lummo Webinar yaitu program lokakarya daring dengan berbagai topik terkait pengembangan bisnis.

Di antaranya ada Lummo Support Partners, yaitu program pendampingan usaha bersama para praktisi berpengalaman, agensi marketing untuk membantu merancang dan menjalankan campaign digital untuk mengembangkan brand, serta dinas dan lembaga pemerintahan untuk mengurus sertifikasi dan perijinan demi meningkatkan kualitas produk dan usaha, serta komunitas online LummoNation yaitu wadah untuk mengembangkan kapasitas diri dan  memperkuat jaringan dengan para pebisnis lainnya.

Sebelumnya, Lummo Semesta telah mendapatkan antusiasme yang sangat baik di Bandung dan Surabaya, dan telah berhasil menjaring lebih dari 51.000 UMKM sejak diluncurkan akhir 2021 lalu.

Peluncuran Lummo Semesta ini diharapkan dapat mereplikasi kesuksesan ini pada UMKM di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta agar dapat melahirkan semakin banyak UMKM berkualitas dan berdaya saing tinggi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:23 WIB
Berikut lirik lengkap lagu Terang milik Biru Baru.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:08 WIB
Grup duo Biru Baru resmi merilis karya teranyar berupa single yang diberi judul Terang.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 22:39 WIB
Penyanyi dangdut Fitri Carlina membagikan kisah suksesnya tampil di Amerika Serikat berkat saluran YouTube yang ia kelola.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:24 WIB
Anwar Hafid meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera membuat aturan teknis terkait pengisian pejabat sementara kepala daerah.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:15 WIB
Sondang berpandangan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan, perlu adanya dukungan dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 19:16 WIB
Kemenkes bilang 13 provinsi di Indonesia yang telah memenuhi capaian target 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 18:42 WIB
Martin Manurung mengapresiasi peluncuran pusat bantuan (call center) Lini Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Komoditi.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 16:25 WIB
Label rekaman Nagaswara resmi meluncurkan layanan multi channel network bernama Nagadigit, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:59 WIB
Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad mendorong Pemprov DKI dan polisi sanksi berat manajemen Holywings atas Muhammad dan Maria minum alkohol.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:53 WIB
Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mengecam manajemen Holywings Indonesia terkait promosi minuman beralkohol untuk Muhammad dan Maria.
Loading ...