News

Kritik Erick Thohir, BEM Nusantara: Urusi Utang BUMN, Bukan Toilet

Kritik Erick Thohir, BEM Nusantara: Urusi Utang BUMN, Bukan Toilet
Koordinator Pusat BEM se-Nusantara, Eko Pratama. (Foto: Kureta/Istimewa)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir diminta untuk memberikan perhatian serius perihal sejumlah sengkarut di perusahaan-perusahaan milik BUMN oleh Koordinator Pusat BEM se-Nusantara, Eko Pratama.

Mengutip pemberitaan Opsi ID, Eko menyebutkan sejumlah sengkarut di BUMN di antaranya adalah PLN yang merugi, Garuda Indonesia yang terjerat hutang, hingga persoalan skema penyertaan modal negara, alih-alih mengurusi toilet SPBU.

"Pak Erick Thohir ini seorang menteri. Salah satu pembantu Presiden yang ditugasi untuk mengurusi BUMN," kata Eko Pratama dikutip Kureta, pada Kamis, 25 November 2021.

"Sementara persoalan di BUMN tidak sesederhana apa yang pak Erick Thohir tampakkan ke publik," ujar dia. 

Eko menuturkan, apa yang menjadi temuan Erick Thohir di toilet SPBU Pertamina merupakan hal sepele yang tidak seharusnya diurusi seorang menteri. Pasalnya, banyak persoalan besar di BUMN yang lebih membutuhkan perhatian serius.

"Contohnya PLN. PLN ini kan memonopoli listrik di republik ini, masa sih masih rugi. Ada enggak saingan PLN untuk urusan listrik? kan cuma PLN. Itu pun masih rugi," tutur Eko.

"Harusnya pak Erick Thohir mengurusi hal yang seperti itu. Yang substansial. Kalau yang seperti itu (toilet berbayar), bukannya bisa kepala SPBU yang selesaikan?" kata dia.

BEM NusantaraIlustrasi BEM se-Nusantara saat melakukan aksi demonstrasi. (Foto: Opsi/Istimewa)

Lebih lanjut, BP Presiden Mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) menduga bahwa apa yang dilakukan Erick Thohir dengan aksi viralnya hanya merupakan upaya sang menteri memperbaiki citra.

Eko meminta, Erick Thohir mulai bekerja memperbaiki sengkarut di BUMN alih-alih mengurusi hal kecil yang bisa dilakukan oleh bawahannya.

"Jangan biarkan maling besar dibiarkan lepas, sementara maling-maling kecil dipublish untuk memperbaiki citra," kata Eko Pratama.

Diberitakan sebelumnya, dalam sebuah video viral Erick Thohir nampak geram begitu mengetahui fasilitas toilet di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) Pertamina, masyarakat harus mengeluarkan kocek senilai Rp2.000-Rp4.000.

Erick baru mengetahui itu usai melihat poster yang terpampang di tembok toilet di salah satu SPBU di Kecamatan Malasan, Probolinggo, Jawa Timur.

Dalam poster itu tertera tarif pemakaian toilet sebesar Rp2.000 untuk buang air kecil dan Rp4.000 ribu untuk sekali buang air besar dan mandi. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...