News

Komunitas Salihara Gelar Kelas Filsafat Narasi Maut dalam Kosmologi

Komunitas Salihara Gelar Kelas Filsafat Narasi Maut dalam Kosmologi
Karlina Supelli menjelaskan bahwa melalui Kelas Filsafat yang diadakan Komunitas Salihara Arts Center, para peserta akan belajar tentang kehidupan dan kematian dalam terang kosmologi sepanjang sejarah. (Foto: Witjak Widhi Cahya)

Jakarta - Komunitas Salihara Arts Center menggelar Kelas Filsafat berjudul Narasi Maut dalam Kosmologi yang dilakukan secara daring setiap Sabtu dan bakal berlangsung hingga tanggal 28 Agustus 2021 mendatang. Kelas ini, menghadirkan Direktur Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Karlina Supelli.

Lewat siaran pers resminya, Komunitas Salihara sebagai inisiator acara mengajak para peserta untuk menggali lebih dalam mengenai bagaimana evolusi pemikiran manusia dari masa ke masa dalam memaknai eksistensi manusia dalam alam semesta.

"Selama pandemi Corona, kita mengalami bentuk hubungan baru dengan kematian. Setiap hari dari kejauhan kita melihat teman, anggota keluarga, atau orang lain meninggal," kata mereka dalam siaran pers, dikutip Kureta pada Sabtu, 14 Agustus 2021.

"Sering kali kita tidak dapat menghadiri upacara keluarga, dan bahkan mungkin harus berkabung dalam kesendirian dan isolasi. Dan sebenarnya pemikiran mengenai "kematian" dan "kehidupan" adalah salah satu pembahasan dalam bidang filsafat," tutur mereka.

Karlina SupelliKarlina Supelli menjelaskan bahwa melalui Kelas Filsafat yang diadakan Komunitas Salihara Arts Center, para peserta akan belajar tentang kehidupan dan kematian dalam terang kosmologi sepanjang sejarah. (Foto: Witjak Widhi Cahya)

Sementara Karlina Supelli yang berperan sebagai pengampu kelas filsafat ini, mengatakan bahwa kehidupan dan kematian sejatinya adalah salah satu keprihatinan tertua dan paling meresap dalam filsafat.

"Faktanya, hampir setiap tradisi filosofis mengeksplorasi bagaimana manusia harus berhubungan dengan kehidupan dan kematian," kata dia.

"Platon bahkan melangkah lebih jauh dengan mengatakan bahwa tujuan filsafat adalah untuk mempersiapkan kita menghadapi kematian," tutur Karlina.

Kelas Filsafat berjudul Narasi Maut dalam Kosmologi sendiri telah berlangsung sejak Sabtu, 7 Agustus 2021 dan masih akan berlangsung hingga hari Sabtu pekan terakhir bulan ini.

Peserta yang ingin ikut dapat mengakses situs resmi Komunitas Salihara Arts Center di laman https://salihara.org. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:23 WIB
Berikut lirik lengkap lagu Terang milik Biru Baru.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:08 WIB
Grup duo Biru Baru resmi merilis karya teranyar berupa single yang diberi judul Terang.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 22:39 WIB
Penyanyi dangdut Fitri Carlina membagikan kisah suksesnya tampil di Amerika Serikat berkat saluran YouTube yang ia kelola.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:24 WIB
Anwar Hafid meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera membuat aturan teknis terkait pengisian pejabat sementara kepala daerah.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:15 WIB
Sondang berpandangan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan, perlu adanya dukungan dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 19:16 WIB
Kemenkes bilang 13 provinsi di Indonesia yang telah memenuhi capaian target 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 18:42 WIB
Martin Manurung mengapresiasi peluncuran pusat bantuan (call center) Lini Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Komoditi.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 16:25 WIB
Label rekaman Nagaswara resmi meluncurkan layanan multi channel network bernama Nagadigit, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:59 WIB
Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad mendorong Pemprov DKI dan polisi sanksi berat manajemen Holywings atas Muhammad dan Maria minum alkohol.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:53 WIB
Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mengecam manajemen Holywings Indonesia terkait promosi minuman beralkohol untuk Muhammad dan Maria.
Loading ...