News

Komitmen Tiga BUMN Ini Bangkitkan UMKM di Medan

Komitmen Tiga BUMN Ini Bangkitkan UMKM di Medan
Ilustrasi Usaha Kecil Menengah. (Foto: Kureta/Ist)

Medan - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendukung Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk membangkitkan dan memajukan kembali Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di ibu kota Provinsi Sumatra Utara itu.

Ada pun tiga BUMN itu adalah PT Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK dan PT Pegadaian.

Pimpinan dari tiga BUMN itu pun hadir di Heritage Grand City Hall, Jalan Balai Kota Medan, guna menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemko Medan, Kamis 24 Februari 2022.

Baca juga: Tewas Bersimbah Darah, Lansia di Langkat Diduga Korban Pembunuhan

Dengan PT PNM Persero, ruang lingkup kesepakatan bersama yang dilakukan diantaranya meliputi pembiayaan, pendampingan dan pengembangan pelaku Usaha Ultra Mikro (UMI) dan Mikro, pemberdayaan wanita keluarga prasejahtera.

Sedangkan dengan PT BRI (Persero), kesepakatan bersama diantaranya meliputi pembinaan dan pengembangan UMKM dan UMI, penyaluran produk UMI serta investasi tabungan.

Bersama PT Pegadaian, kesepakatan bersamanya diantaranya meliputi pembinaan dan pengembangan UMKM dan UMI, penyaluran produk ultra mikro dan mikro serta investasi tabungan emas pegadaian.

"Poin yang ingin dicapai dari kerjasama yang dilakukan ini cukup gampang. Pertama, UMKM yang sudah existing saat ini harus meningkat pendapatannya dan lebih bermanfaat," kata Bobby Nasution usai penandatanganan MoU.

Sedangkan yang kedua, kata menantu Presiden Joko Widodo ini, selain meningkat pendapatan, UMKM tersebut harus bisa membuka lapangan pekerjaan.

"PR nya cuma ini, cuma cara menyampaikan kedua poin ini memang yang berat. Ini yang saya minta kepada kepala dinas, minta tolong ya. Kita sudah ditolong teman-teman BUMN. Saya minta program yang sudah kita sampaikan tolong dijalankan dengan baik," ujarnya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:23 WIB
Berikut lirik lengkap lagu Terang milik Biru Baru.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 23:08 WIB
Grup duo Biru Baru resmi merilis karya teranyar berupa single yang diberi judul Terang.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 22:39 WIB
Penyanyi dangdut Fitri Carlina membagikan kisah suksesnya tampil di Amerika Serikat berkat saluran YouTube yang ia kelola.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:24 WIB
Anwar Hafid meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) segera membuat aturan teknis terkait pengisian pejabat sementara kepala daerah.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 21:15 WIB
Sondang berpandangan, untuk mewujudkan kedaulatan pangan, perlu adanya dukungan dari perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 19:16 WIB
Kemenkes bilang 13 provinsi di Indonesia yang telah memenuhi capaian target 70 persen vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.
News
Fernandho Pasaribu - 24 June 2022 | 18:42 WIB
Martin Manurung mengapresiasi peluncuran pusat bantuan (call center) Lini Bappebti atau Badan Pengawas Perdagangan Komoditi.
News
Eno Dimedjo - 24 June 2022 | 16:25 WIB
Label rekaman Nagaswara resmi meluncurkan layanan multi channel network bernama Nagadigit, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:59 WIB
Ketua Umum Bamus Betawi Riano P Ahmad mendorong Pemprov DKI dan polisi sanksi berat manajemen Holywings atas Muhammad dan Maria minum alkohol.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 June 2022 | 15:53 WIB
Badan Musyawarah (Bamus) Betawi mengecam manajemen Holywings Indonesia terkait promosi minuman beralkohol untuk Muhammad dan Maria.
Loading ...