News

Komisi X DPR Terima Usulan Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan

Komisi X DPR Terima Usulan Pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan
Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda. (Foto:Istimewa)

Jakarta - Universitas Balikpapan dalam waktu dekat akan membuka program studi barunya, yaitu Fakultas Kedokteran yang saat ini masih dalam proses pendirian dan perizinan di Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Saya harap dengan dibukanya fakultas baru akan menambah lulusan kedokteran dari Balikpapan

Menanggapi hal ini, Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mendukung pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Balikpapan. Dia mengatakan usulan tersebut sudah diterima Komisi X dan akan ditindaklanjuti.

Dalam pertemuan dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Forum Pimpinan Yayasan dan Pimpinan Perguran Tinggi Swasta Papua dan Papua Barat serta Rektor Uniba melaporkan proses pendirian Fakultas Kedokteran dan juga memohon dukungan agar Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan ini segera terbit perizinannya.

"Tentu saya mendukung dengan dibukanya Fakultas Kedokteran di Uniba (Universitas Balikpapan) ini. Dengan demikian Fakultas Kedokteran di Balikpapan akan semakin bertambah," ujar Syaiful di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 30 Mei 2022.

Politisi fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyampaikan, dengan adanya Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan akan menambah kuota bagi mahasiswa baru.

"Fakultas Kedokteran ini sangat banyak peminatnya. Namun sayang, selama ini di Kaltim Fakultas Kedokteran cuma ada satu, itupun kuota mahasiswanya dibatasi. Saya harap dengan dibukanya fakultas baru akan menambah lulusan kedokteran dari Balikpapan," ujarnya.

Dia juga berharap dan siap mendukung agar Fakultas Kedokteran di Universitas Balikpapan ini segera terbit perizinannya. Agar para lulusan SMA yang ingin kuliah di Fakultas Kedokteran tidak perlu jauh jauh lagi untuk kuliah di luar Kaltim.

"Mudah-mudahan izinnya segera terbit. Kami siap mengawal dan berikan dukungan penuh," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Rektor Universitas Balikpapan Isradi Zainal mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menjalani proses dan sudah mempersiapkan segala persyaratan, meskipun terkendala oleh moratorium Fakultas Kedokteran di seluruh Indonesia.

Di mana Fakultas Kedokteran itu ini sudah lama menjalani proses dan sudah mempersiapkan segala persyaratan dan melalui banyak konsultasi dari beberapa pihak.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Tigor - 26 November 2022 | 22:26 WIB
Arab Saudi gagal memetik hasil positif dalam laga kedua melawan Polandia.
News
Tigor - 26 November 2022 | 19:21 WIB
Australia membuka jalan untuk bisa lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.
News
Tigor - 26 November 2022 | 18:38 WIB
Sering kita saksikan pemain sepak bola di saat jeda melakukan sebuah aktivitas carb rinsing.
News
Tigor - 26 November 2022 | 16:22 WIB
Presiden Jokowi mengklaim bahwa saat ini Indonesia sudah di jalur yang tepat.
News
Fernandho Pasaribu - 26 November 2022 | 15:53 WIB
Pernyataan Jokowi terkait siapa calon pemimpin rambut putih yang memikirkan rakyat identik dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
News
Fernandho Pasaribu - 26 November 2022 | 15:05 WIB
Jansen Sitindaon merespons pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait pemimpin berambut putih.
News
Tigor - 26 November 2022 | 13:08 WIB
Memasuki hari ke-7 penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar.
News
Morteza Syariati Albanna - 26 November 2022 | 10:26 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin menyatakan Indonesia menjadi negara yang Islam paling toleran di dunia dan hal ini menurutnya diakui oleh banyak pihak.
News
Morteza Syariati Albanna - 26 November 2022 | 9:35 WIB
Influenza kerap disamakan dengan batuk pilek selesma, padahal keduanya merupakan hal yang berbeda.
News
Morteza Syariati Albanna - 26 November 2022 | 8:56 WIB
Sekretaris Lembaga Persahabatan Ormas Islam (LPOI) Imam Pituduh menyatakan khilafah bukan solusi dari persoalan kebangsaan.
Loading ...