News

Komisi III DPR Umumkan 7 Calon Hakim Agung, Berikut Daftar Namanya

Komisi III DPR Umumkan 7 Calon Hakim Agung, Berikut Daftar Namanya
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco, selaku pimpinan sidang, berfoto bersama dengan tujuh calon hakim agung, Selasa, 21 September 2021. FOTO: Tangkap layar.

Jakarta - Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengatakan pihaknya telah memilih tujuh dari 11 calon hakim agung yang diajukan oleh Komisi Yudisial (KY), yang akan disampaikan dalam Rapat Paripurna DPR pada Selasa, 21 September 2021 untuk diambil keputusan. 

"Komisi III DPR RI telah melaksanakan salah satu tugas konstitusional dalam memilih tujuh calon hakim agung. Sebanyak tujuh calon hakim agung yang disepakati pada Tingkat I di Komisi III dan selanjutnya akan disampaikan pada Rapat Paripurna hari ini (Selasa)," kata Herman Herry di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa kemarin. 

Politisi PDIP ini mengatakan proses pemilihan calon hakim agung tersebut dilakukan secara profesional dan transparan. Tujuannya, agar para calon yang dipilih kredibel dan berintegritas. 

Berikut ini calon hakim agung yang disepakati pada Tingkat I di Komisi III DPR dan selanjutnya akan disampaikan pada Rapat Paripurna: 

1. H. Dwiarso Budi Santiarto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana) 

2. Jupriyadi, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana) 

3. Dr. Prim Haryadi, S.H., M.H (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana) 

4. Suharto, S.H., M.Hum. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana) 

5. Yohanes Priyana, S.H., M.H. (Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Pidana) 

6. Dr. H. Haswandir, S.H., M.Hum., M.M. Sebagai Calon Hakim Agung Kamar Perdata) 

7. Brigjen TNI Dr. Tama Ulinta Br Tarigan, S.H., M.Kn. (Sebagai Calon Hakim Kamar Militer).

Menurut dia, Komisi III DPR RI telah melaksanakan proses uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung pada Senin, 20 September 2021, yang dilaksanakan secara transparan dan bisa disaksikan seluruh rakyat Indonesia.

Herman HeryKetua Komisi III DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Herman Herry. (foto: DPR.go.id).

"Hasil ini merupakan kesepakatan dari seluruh fraksi yang ada di Komisi III DPR. Setiap fraksi memiliki hak yang sama dalam menyetujui atau menolak calon hakim agung," ujarnya. 

Dia melanjutkan, setiap fraksi memiliki penilaian sendiri dalam menilai setiap calon hakim agung. Namun, Komisi III DPR telah sepakat dalam proses uji kelayakan dan fokus pada tiga aspek, yaitu pemahaman calon terhadap tugas dan fungsi sebagai hakim agung, integritas calon, dan rekam jejak. 

Herman berharap calon hakim agung yang dipilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjunjung tinggi rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia

“Komisi III mengucapkan selamat bekerja kepada para yang mulia hakim agung yang terpilih. Sebagai hakim tertinggi, semoga selalu menjadi benteng dalam menjaga aspirasi keadilan seluruh masyarakat Indonesia," katanya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...