News

Ketua PGI Perintahkan Gereja Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

Ketua PGI Perintahkan Gereja Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien Covid-19
Logo Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI). (Foto: Istimewa)

Jakarta - Ketua Umum Persatuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Pendeta Gomar Gultom, menginstruksikan gereja-gereja menjadi ruang isolasi mandiri bagi masyarakat yang positif Covid-19. Hal itu dilakukan guna membantu upaya pemerintah menekan angka penularan virus corona di tengah keterbatasan ruang isolasi mandiri.

Instruksi tersebut kembali ditegaskan dalam acara dialog virtual menegnai penanganan Covid-19 antara pimpinan PGI dengan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, Rabu, 28 Juli 2021 kemarin.

"Kami mendorong gereja-gereja untuk mengubah seluruh fasilitas gereja berupa asrama dan wisma tamu untuk ditransformasikan sebagai ruang-ruang isolasi mandiri," kata Gomar Gultom, dikutip Kureta pada Kamis, 29 Juli 2021.

"Tapi kami tetap minta ada pusat kesehatan yang bisa berkoordinasi dengan tempat isolasi mandiri ini. Supaya jika terjadi keadaan darurat tetap bisa tertangani," ujar dia.

Gultom mengatakan, PGI bersama seluruh gereja-gereja ada di sisi pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19.

Data di situs PGI menyatakan, organsasi agama Kristen Protestan yang menginduk kepada Dewan Gereja Dunia ini memiliki 89 organisasi anggota di seluruh Indonesia dan juga cabang-cabang beberapa Gereja anggotanya di luar negeri.

"Pak Menko, kami dari PGI dengan seluruh gereja-gereja di Indonesia ada bersama pemerintah untuk menanggulangi masalah covid ini. Pertama masalahkesehatan/penanggulangan virusnya," kata dia.

"Kedua ikut dalam mencerdaskan masyarakat untuk lebih paham dengan situasi terkini, beberapa gereja juga ikut ambil bagian dalam menyelesaikan masalah ekonomi," tutur Gultom.

Dalam acara yang sama, Sekretarus Umum PGI, Pendeta Jacky Manuputty, juga mengusulkan kepada Mahfud untuk menggalang gerakan solidaritas kemanusiaan yang melibatkan tokoh lintas agama, bergandeng tangan dengan pemerintah menanggulangi pandemi Covid-19.

"Pak Menko kami berharap kita dapat menggalang gerakan solidaritas kebangsaan dan solidaritas kemanusiaan. Mungkin bisa disuarakan secara simbolis dengan pemuka-pemuka agama," ujar Manuputty.

Jacky juga menegaskan, PGI telah ikut andil membantu pemerintah menggalang tenaga dan kekuatan dalam menangani Covid-19. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 17:05 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD mengaku bakal mencari formula untuk mereformasi bidang hukum peradilan.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 16:01 WIB
Kotak resmi mengumumkan rencananya untuk menggelar tur konser bertajuk HANTAM 18th KOTAK di 8 kota di Indonesia.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 15:19 WIB
Devano resmi merilis single terbaru yang diberi tajuk Hari Paling Bahagia, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-20.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 14:37 WIB
Aqeela Calista kembali berkarya di dunia tarik suara dengan merilis single cover versinya untuk lagu Kau Curi Lagi milik grup band J-Rocks.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 13:43 WIB
Festival musik Pestapora 2022 sukses digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta sepanjang akhir pekan lalu.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 12:30 WIB
Pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 10:52 WIB
Anggota MPR RI Netty Aher menilai terjadinya beberapa kasus hukum yang menyedot perhatian belakangan ini karena kurangnya pengamalan Pancasila.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 0:00 WIB
Opini Firman Jaya Daeli mengenai Pembangunan Kelembagaan Politik dan Penguatan Kualitas Otonomi Daerah.
Loading ...