News

Kembangkan Kapasitas ASN, LAN Teken MoU dengan Provinsi Jambi dan Kabupaten Tebo

Kembangkan Kapasitas ASN, LAN Teken MoU dengan Provinsi Jambi dan Kabupaten Tebo
LAN teken mou dengan Provinsi Jambi dan Kabupaten Tebo. (foto: dok Kureta).

Jakarta - Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus berupaya untuk mendorong pengembangan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) menuju Birokrasi berkelas Dunia (World Class Bureaucracy). Eksistensi ini dibuktikan dengan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai instansi termasuk Pemerintah Daerah.

Hal ini diungkapkan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si saat memberikan sambutan dalam Penandatanganan Nota Kesepakatan antara LAN dengan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Tebo yang dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor LAN, Jalan Veteran Nomor 10 Jakarta Pusat, Jumat, 18 Maret 2022.

Adi Suryanto menjelaskan, tujuan dari penandatanganan nota kesepakatan ini adalah meningkatkan mutu kualitas birokrasi terutama Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur.

Seperti diketahui, sehebat apapun visi dan misi kepala daerah, gubernur atau bupati, jika tidak dapat diimplementasikan oleh tataran ASN di bawahnya, maka tidak akan memberikan dampak kepada masyarakat.

“Maka dibutuhkan ASN yang mampu menerjemahkan visi misi kepala daerah menjadi aksi, disinilah peran penting ASN sebagai aset organisasi atau human capital yang harus senantiasa ditingkatkan kompetensinya” kata Adi dalam keterangan persnya, Jumat, 18 Maret 2022.

Kepala LAN juga mengapresiasi komitmen kedua pemimpin daerah dalam hal ini Gubernur Jambi dan Bupati Tebo yang berupaya untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan melalui peningkatan kapasitas SDM aparaturnya.

Oleh karena itu, LAN mendorong kedua pemerintah daerah ini untuk dapat menyusun rencana pengembangan kompetensi aparatur sehingga dapat mendesain beberapa program pengembangan kompetensi yang dapat menjawab kebutuhan kompetensi dari setiap pegawai.

“Sementara itu dari sisi inovasi, LAN telah melakukan pendampingan daerah-daerah untuk melakukan inovasi melalui kegiatan Laboratorium Inovasi. Memang awalnya inovasi menjadi momok tersendiri bagi kepala daerah," kata dia.

"Namun, seiring berjalannya waktu inovasi tersebut mulai dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas, oleh karenanya sekarang kepala daerah berlomba-lomba untuk melakukan inovasi. Maka harapannya, kerjasama ini tidak tidak berhenti dipenandatanganan saja, tetapi dapat direalisasikan melalui program-program yang dapat ditindaklanjuti," ucapnya menambahkan.

Kepala LAN mengungkapkan, Nota Kesepahaman atau kerjasama antara 2 (dua) Mitra Kerja Sama dengan LAN pada kesempatan ini sudah mencakup dan in line dengan tugas, fungsi, dan kewenangan yang yang diamanatkan kepada LAN.

Atas dasar tersebut, LAN membuka peluang yang seluas luasnya untuk para mitra kerja sama bisa memanfaatkan segala potensi yang ada di LAN, sehingga tercipta kolaborasi dan sinergitas yang kuat.

“Kami percaya akan pentingnya pelaksanaan kegiatan yang kolaboratif dan saling support antar instansi pemerintah, karena selain dapat saling memanfaatkan keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing instansi, kegiatan kolaboratif juga merupakan upaya untuk mengikis silo mentality yang seringkali terjadi pada birokrasi pemerintahan” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH juga mengapresiasi upaya sinergi dan kolaborasi ini. Harapannya, LAN dapat mendukung upaya pemerintah Provinsi Jambi dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM aparatur melalui pengambangan kompetensi.

Sejalan dengan hal itu, Bupati Tebo, Dr. H. Sukandar, S.Kom, M.Si juga berharap Kabupaten Tebo dapat memperbaiki nilai indeks inovasi daerah, setidaknya mampu bersaing dengan kabupaten lainnya. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 17:05 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD mengaku bakal mencari formula untuk mereformasi bidang hukum peradilan.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 16:01 WIB
Kotak resmi mengumumkan rencananya untuk menggelar tur konser bertajuk HANTAM 18th KOTAK di 8 kota di Indonesia.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 15:19 WIB
Devano resmi merilis single terbaru yang diberi tajuk Hari Paling Bahagia, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-20.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 14:37 WIB
Aqeela Calista kembali berkarya di dunia tarik suara dengan merilis single cover versinya untuk lagu Kau Curi Lagi milik grup band J-Rocks.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 13:43 WIB
Festival musik Pestapora 2022 sukses digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta sepanjang akhir pekan lalu.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 12:30 WIB
Pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 10:52 WIB
Anggota MPR RI Netty Aher menilai terjadinya beberapa kasus hukum yang menyedot perhatian belakangan ini karena kurangnya pengamalan Pancasila.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 0:00 WIB
Opini Firman Jaya Daeli mengenai Pembangunan Kelembagaan Politik dan Penguatan Kualitas Otonomi Daerah.
Loading ...