News

Kades Kendalikan Dana Desa dari Penjara, Bupati Toba: Camat Belum Melapor

Kades Kendalikan Dana Desa dari Penjara, Bupati Toba: Camat Belum Melapor
Bupati Toba Poltak Sitorus memberi keterangan pers di ruang kerja, Rabu, 1 Desember 2021. (Foto: Kureta/Jumpa Manullang)

Toba - Kepala Desa Dolok Nagodang, Kecamatan Uluan, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, Togar Manurung masih mengurusi administrasi desa meski statusnya sudah terpidana dan berada di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Balige.

Bahkan kabarnya, dari balik penjara, Togar masih mengurusi penggunaan dana desa. "Informasi terbaru hari ini tanggal 1 Desember 2021 bahwa Togar Manurung selaku terpidana masih menandatangani surat pencairan dana desa di Rutan Balige," kata S Manurung, warga Desa Dolok Nagodang pada Rabu 1 Desember 2021.

Bupati Toba, Poltak Sitorus diwawancara di ruang kerja mengatakan informasi perkembangan dari Desa Dolok Nagodang belum diperoleh dari Badan Permusyawaratan Desa atau BPD seperti amanah Permendagri No 82 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Laporan BPD itu, kata Poltak, merupakan acuan dasar Pemerintah Kabupaten Toba melakukan amar putusan PTUN Medan.

"Supaya proses berjalan dengan baik, kita di Pemkab Toba juga telah membahas ini dengan asisten pemerintahan dan Kabag Hukum dan Perundang-undangan supaya jangan salah dalam proses," kata Poltak.

"Namun hingga saat ini BPD melalui camat belum ada melaporkan kepada Bupati supaya tidak terjadi kekosongan pemerintahan desa," kata Poltak.

Bangkit ManurungBangkit Manurung, penggugat SK pengangkatan Togar Manurung selaku Kades Dolok Nagodang sesuai keputusan Bupati Toba Samosir nomor 786 tahun 2019 tanggal 23 Desember 2019. (Foto: Kureta/Jumpa P Manullang)

Bangkit Manurung, yang menggugat ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan tentang pengangkatan kepala desa atas nama Togar Manurung tanggal 23 Desember 2019, mengatakan amar putusan PTUN telah berkekuatan hukum tetap atau inkracht van gewisjde untuk dilaksanakan Bupati Toba.

"PTUN Medan jelas sudah mengabulkan gugatan saya yang menyatakan batal keputusan Bupati Toba Samosir nomor 786 tahun 2019 lampiran VIII Uluan nomor 4 Desa Dolok Nagodang tentang pengangkatan kepala desa atas nama Togar Manurung tanggal 23 Desember 2019," kata Bangkit Manurung. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Yohanes Charles - 19 January 2022 | 21:47 WIB
BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.
News
Yohanes Charles - 19 January 2022 | 21:04 WIB
Pembangunan jogging track, dikerjakan oleh anggota Satgas Citarum bersama masyarakat.
News
Rio Anthony - 19 January 2022 | 20:29 WIB
Pantau Kenaikan Harga Bahan Pokok, Disperindag, Gandeng Dinas Ketahanan Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Sidak Ke Pasar Terong
News
Tigor - 19 January 2022 | 20:14 WIB
Tim KPK membawa tujuh orang hasil OTT di Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Salah satunya Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin.
News
Rio Anthony - 19 January 2022 | 19:58 WIB
Mayat seorang pria berusia 76 tahun di Kabupaten Manggarai ditemukan membusuk.
News
Andi Nasution - 19 January 2022 | 19:52 WIB
Pria pembawa senpi dan amunisi ke samping Pos Lantas di Tapanuli Selatan, mengaku sudah pernah sekali memakai (menembakkannya).
News
Morteza Syariati Albanna - 19 January 2022 | 19:28 WIB
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menganggap suntikan dana puluhan miliar rupiah untuk bisnis es doger miliknya merupakan hal wajar.
News
Andi Nasution - 19 January 2022 | 19:18 WIB
Seorang pria di Tapanuli Selatan, diboyong oleh polisi karena membawa senpi rakitan berikut amunisi ke areal Pos Lalu Lintas.
News
Morteza Syariati Albanna - 19 January 2022 | 18:59 WIB
Ketua Central Creative Industries of Abdya (CCIA) Yudya Pratidina mengundurkan diri dari kepenggurusan. Hal ini berdasarkan SK Bupati Abdya.
Loading ...