News

Jokowi Belum Kirim Surpres Pengganti Panglima TNI, Ini Kata Anggota DPR

Jokowi Belum Kirim Surpres Pengganti Panglima TNI, Ini Kata Anggota DPR
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.(Foto:Kureta/Instagram @jenderaltniandikaperkasa)

Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Bobby Rizaldi berharap tidak ada kekosongan pada posisi Panglima TNI mengingat Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022 mendatang.

Iya bisa itu, tidak masalah. Reses 16 Desember, sepertinya masih cukup waktu sampai saat Panglima Pak Jenderal Andika masa pensiun pada 21 Desember

Sebab, kata Bobby, DPR RI hingga saat ini belum menerima surat presiden (surpres) soal pergantian Panglima TNI dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Di situ mungkin ada update surat masuk yang sampai tadi belum ada info. Rabu nanti akan ada rapat internal yang akan membahas agenda masa sidang ini," kata Bobby dalam keterangannya, Selasa, 22 November 2022.

Selain itu, dia meminta publik untuk tidak khawatir soal adanya kekosongan jabatan di posisi Panglima TNI.

"Saya rasa saat ini bisa disampaikan agar publik memberi kesempatan Presiden Jokowi, semoga tidak ada kekosongan seperti pada saat peralihan dari Pak Faisal Tanjung ke Pak Wiranto, dari tanggal 12 Februari ke 16 Februari 1998, sebelum UU 34/2004 TNI ada. Setelahnya rasanya belum ada kejadian terulang," ujarnya.

Menurut dia, bukan tidak mungkin Komisi I akan melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI pada masa reses yang dimulai pada 16 Desember 2022 mendatang.

"Iya bisa itu, tidak masalah. Reses 16 Desember, sepertinya masih cukup waktu sampai saat Panglima Pak Jenderal Andika masa pensiun pada 21 Desember," ucap Bobby.

Sementara itu, jika melihat pasal 53 Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia, prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun bagi perwira dan 53 tahun bagi bintara serta tamtama.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

Loading ...