News

Ini Kiat Penting Psikolog di Hari Kesehatan Mental Sedunia

Ini Kiat Penting Psikolog di Hari Kesehatan Mental Sedunia
Ilustari kesehatan mental. (foto: istimewa).

Jakarta - Hari Kesehatan Mental Sedunia atau World Mental Day diperingati setiap 10 Oktober. Psikolog sekaligus dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI) Shahnaz Safitri melihat, saat pandemi Covid-19 ini masalah kesehatan mental masyarakat cenderung meningkat. 

Menurutnya, pandemi turut mendukung warga lebih banyak berpikir reflektif ketika berada di rumah saja dan tidak boleh banyak beraktivitas di luar ruang. 

"Jadi lebih dekat dengan diri sendiri, lebih sadar seandainya ada kekhawatiran, kecemasan, dll. Lebih terdorong untuk mencari bantuan jika dibutuhkan," kata Shahnaz saat dihubungi Kureta, Minggu, 10 Oktober 2021.

Baca jugaJangan Kunci Diri Saat Pandemi, Kehidupan di Luar Tingkatkan Kesehatan Mental

Sebelum terjadi pandemi, kata Shahnaz, masyarakat mudah mengabaikan hal terkait kesehatan mental dengan menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan. 

Namun, di kala pandemi, peningkatan kesehatan mental pada masyarakat perlu diperhatikan, karena di saat yang sama harus meningkatkan kondisi psikologis.

“Saat pandemi, jadi tidak banyak pilihan aktivitas, sadar atau tidak jadi lebih "aware" bahwa di dalam diri sendiri ada loh yang disebutkan kesehatan mental, tidak hanya kesehatan fisik,” kata Shahnaz.

“Karena masih banyak yang bingung harus bagaimana kalau punya kendala psikologis,” ujar dia lagi.

Lebih lanjut Shahnaz menerangkan, pemerintah sudah menyediakan layanan gratis bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan mental. Hal tersebut menurutnya dilakukan demi menanggulangi peningkatan gangguan kesehatan mental saat pagebluk melanda negeri ini.

Baca jugaKisah Lina, Dulu Numpang Tongkang Kini Punya Klinik Kesehatan di Medan

“Khususnya di Jabodetabek, kan layanannya sudah lebih memadai daripada di daerah, lebih banyak juga dari segi jumlah. Tetapi kalau tidak disambut dengan orang-orang aware bahwa isu kesehatan mental ini perlu ditanggulangi, jadi enggak termanfaatkan juga,” ucap Shahnaz.

Di sisi lain, ujar dia, ketika kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan mental sudah komprehensif, maka iklim hidup akan lebih sejahtera, sehingga jiwa dan raga akan terjaga.

“Jadi kalau kita punya masalah kesehatan, baik fisik ataupun psikologis, kita segera cari bantuan. Tidak sampai menjadi kompleks dan berdampak ke orang-orang di sekitar kita,” ucapnya.

Shahnaz juga mengungkap, penyebaran layanan kesehatan mental di Indonesia masih belum merata, hanya ada di beberapa kota-kota besar saja.

“DKI misalnya, semua puskesmas sudah menerima konseling psikolog dan free kalau pake BPJS, Jogja juga. Tapi misalnya di Sumatera Utara gitu belum,” kata Shahnaz.

Sementara untuk Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan mental di Indonesia, kata Shahnaz, sangat minim, sehingga tidak semua masyarakat di setiap provinsi dapat menyelesaikan masalah pada kesehatan mental masing-masing. [] (Victor Jo)

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...