News

Indonesia Dapat Donasi Bantuan Medis, Luhut: Terima Kasih China

Indonesia Dapat Donasi Bantuan Medis, Luhut: Terima Kasih China
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (foto: Warta Kota/henry lopulalan).

Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memastikan akan terus mendukung investasi China di bidang kesehatan untuk bisa masuk ke Indonesia. 

Dalam acara penyerahan donasi bantuan medis untuk penanganan Covid-19 dari Pemerintah China, di Jakarta, Menko Luhut Pandjaitan menyampaikan bahwa Indonesia akan mendukung investasi dari China ke depannya dalam bidang kesehatan, seperti vaksin, pembuatan alat kesehatan, serta pembangunan rumah sakit internasional. 

Mewakili pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada pemerintah China.

"Tidak ada satu negara pun di dunia yang bisa melawan pandemi ini sendirian, kita harus menjalin kebersamaan, solidaritas, serta persahabatan antarnegara untuk dapat melawan wabah ini ke depan," kata Menko Luhut dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 11 Agustus 2021

Baca juga: Jubir Luhut Bantah Hapus Angka Kematian Akibat Covid-19

Indonesia kembali menerima donasi bantuan medis untuk penanganan Covid-19 di Tanah Air dari Pemerintah China. Donasi diberikan dalam bentuk alat kesehatan seperti ventilator, oxygen concentrator, oxygen nasal cannulas, dan oxygen face mask, yang menjadi alat krusial dalam melawan varian Delta.

Bantuan Pemerintah China itu diserahkan oleh Duta Besar China untuk RI Xiao Qian dan perwakilan Huawei kepada Pemerintah Indonesia yang diwakili Menko Luhut dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Selasa, 10 Agustus 2021. 

LuhutMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (belakang) menyaksikan penyerahan donasi bantuan medis dari Pemerintah China untuk RI, Selasa (10/8/2021). foto: Kemenko Kemaritiman dan Investasi/am.

"Mewakili pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya kepada pemerintah China, Huawei, dan China Eastern Airlines, atas bentuk kerja sama serta kooperasi yang diberikan kepada Pemerintah Indonesia dan masyarakatnya," kata Menko Luhut. 

Senada, Menkes Budi menyampaikan terima kasihnya atas bantuan yang diberikan Negeri Tirai Bambu itu. 

Baca juga: Luhut: Pandemi Covid-19 Masih Terus Berlanjut Hingga Beberapa Tahun ke Depan

"Saya juga mengapresiasi apa yang Pemerintah China berikan bagi kami, dan apa yang diberikan kepada Indonesia bukan hanya membantu kehidupan masyarakat Indonesia, tetapi juga sebagai bentuk kemanusiaan dari Pemerintah China untuk Pemerintah Indonesia," ujar Menkes Budi. 

Sementara, Dubes Xiao Qian mengatakan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia turut menjadi perhatian Pemerintah China. Bantuan medis sebagian telah dikirim pada Senin, 9 Agustus 2021, dan sisanya akan sampai pada hari Jumat, 13 Agustus 2021 mendatang. 

"Pemerintah China dan Indonesia merupakan teman, tetangga, dan juga rekanan yang baik. Dalam menghadapi pandemi, dukungan ini merupakan bukti persahabatan serta solidaritas dari China kepada Indonesia," kata Dubes Xiao Qian. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Rio Anthony - 24 May 2022 | 21:36 WIB
Hujan petir diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Rabu, 25 Mei 2022.
News
Tigor - 24 May 2022 | 20:52 WIB
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan janjinya akan membangun jalan pertanian kepada petani jeruk.
News
Tigor - 24 May 2022 | 19:08 WIB
PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mengagendakan turnamen pramusim.
News
Tigor - 24 May 2022 | 18:54 WIB
Kapolda Simanjuntak mendatangi peternakan di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:44 WIB
Pascabadai pandemi Covid-19 yang menerpa dunia hingga haji ditiadakan untuk jemaah Indonesia, termasuk Aceh, membuat rindu.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:42 WIB
Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh menyebutkan stok vaksin merek Sinovac mulai menipis di Aceh. Hal ini menjadi penghambat vaksinasi anak.
News
Fernandho Pasaribu - 24 May 2022 | 17:34 WIB
Fraksi PPP DPR RI meminta pemerintah lebih mengoptimalkan belanja dengan berfokus pada perlindungan sosial serta subsidi energi.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:30 WIB
emerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, melakukan gladi resik pelantikan calok kepala desa.
News
Fernandho Pasaribu - 24 May 2022 | 17:27 WIB
Tito Karnavian kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:27 WIB
Masyarakat Desa Padang Datar, Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh meninggal dibacoki ODGJ.
Loading ...