News

Gaduh Pemudik Pakai Kaus Anies Presiden, Riza Ngaku Pemprov DKI Tak Berpolitik Praktis

Gaduh Pemudik Pakai Kaus Anies Presiden, Riza Ngaku Pemprov DKI Tak Berpolitik Praktis
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (foto: ANTARA/Livia Kristianti).

Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah tudingan adanya gelontoran anggaran untuk pengadaan kaus `Anies Baswedan Presiden Indonesia` yang dipakai pemudik Lebaran tahun 2022.

Dia memastikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak pernah berpolitik praktis.

"Jelas bukan. Tidak ada. Pemprov tidak berpolitik praktis. Pemprov mana pun sejak dulu sampai sekarang tidak pernah berpolitik praktis," kata Wagub Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, dikutip Kureta, Jumat, 29 April 2022.

Menurutnya, kegiatan mudik gratis murni program Pemprov DKI Jakarta dan tidak ada hubungannya dengan kegiatan politik praktis.

Untuk itu, kata dia, masyarakat tidak perlu meributkan dan membesar-besarkan hal tersebu jika hanya segelintir pemudik yang menggunakan kaus `Anies Baswedan Presiden Indonesia`.

"Kegiatan itu tidak ada hubungan dengan kegiatan politik praktis apa pun maupun pilpres, pilkada, pileg, tidak ada hubungannya. Kalau ada orang yang kebetulan pakai baju A, baju B, baju C, ya itu enggak usah terlalu diributkan," ujarnya.

Pada prinsipnya, kata Riza, mudik gratis bertujuan mengurangi kepadatan lalu lintas selama periode Lebaran 2022. Program ini menurutnya sudah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya.

Sementara, Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) William Aditya Sarana mengkritisi adanya sejumlah orang yang menggunakan kaus bertuliskan "Anies Baswedan Presiden Indonesia" saat kegiatan mudik gratis Pemprov DKI Jakarta di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

"Acara ini jelas APBD, uang masyarakat. Tidak elok sekali jika ada dugaan kepentingan ambisi politik Pak Gubernur Anies. Jangan sampai mudik gratis ini yang didanai uang negara dipolitisasi untuk keuntungan sendiri," kata William dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 28 April 2022.

Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI itu menjelaskan tidak sepatutnya hal tersebut terjadi karena acara yang diadakan pada Rabu kemarin itu merupakan kegiatan yang dibiayai APBD 2022.

Sebelumnya, Anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Tatak Ujiyati mengatakan sejumlah orang yang menggunakan kaos tersebut adalah pemudik.

"Itu pemudik yang dengan inisiatif sendiri pakai kaos tersebut. Dia punya hak mau pakai kaos apa, kita tidak bisa melarang," kata Tatak melalui akun twitter pribadinya @tatakujiyati.

Seperti diketahui, Anies melepas peserta mudik gratis di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Rabu, 27 April 2022. Di media sosial beredar video sejumlah orang menggunakan kaos berwarna putih dengan gambar Gubernur DKI itu yang bertuliskan "Anies Baswedan untuk Presiden". []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...