News

Dirut Pertamina Nicke Widyawati Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Dirut Pertamina Nicke Widyawati Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati. (Foto: Instagram/nicke_widyawati)

Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati, kembali masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia (di luar Amerika Serikat) tahun 2021 versi majalah bisnis global, Fortune. Namanya berada bersama jajaran CEO global termasuk CEO GlaxoSmithKline, Emma Walmsley dan CEO Ping An Group, Jessica Tan.

Masuknya Nicke dalam daftar wanita paling berpengaruh dunia, lantaran sosoknya dinilai memiliki kemampuan untuk melewati tantangan triple shock, yakni jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar dan tekanan nilai tukar yang dialami Pertamina selama pandemi tahun 2020.

Ketiga faktor tersebut, dinilai majalah Fortune telah menurunkan pendapatan dan laba Pertamina, namun di bawah kepemimpinan Nicke, Pertamina menunjukkan kondisi lebih baik dengan mencapai target produksi Migas pada paruh pertama tahun 2021.

Selain itu, Nicke juga diakui majalah Fortune terus mendukung transisi energi Indonesia dengan membangun portofolio Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk memberikan energi bersih bagi negara di masa depan.

"Pengakuan ini merupakan bukti nyata besarnya kepercayaan internasional terhadap Pertamina yang terus bergerak mengantisipasi transisi energi," kata Nicke Widyawati, dikutip Kureta pada Rabu, 13 Oktober 2021.

Nicke WidyawatiDirektur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati. (Foto: Instagram/nicke_widyawati)

Dalam daftar tersebut, nama Nicke Widyawati berada di urutan ke-17. Sementara di bawahnya ada President Global Foods & Refreshment Unilever, Hanneke Faber di urutan ke-23, CEO Norsk Hydro, Hilde Merete Aasheim di posisi 24, CEO P&G, Alexandra Keith di posisi ke-37, dan CEO OCBC NISP, Helen Wong di posisi ke-41.

Di posisi paling puncak, nama CEO GlaxoSmithKline Emma Walmsley di posisi pertama, CEO Ping An Group Jessica Tan di posisi kedua, CEO Banco Santander Ana Botin di posisi ketiga, dan CEO Macquarie Group Ltd Shemara R Wikramanayake di posisi keempat.

Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, nama Nicke juga masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh dunia versi majalah Fortune dan berada di urutan ke-16.

Sementara pada Desember tahun yang sama, Nicke Widyawati juga masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh versi majalah Forbes di urutan ke-25. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...