News

Cek 6 Rahasia di Balik Desain Galaxy S22 Series 5G

Cek 6 Rahasia di Balik Desain Galaxy S22 Series 5G
Samsung Galaxy S22 Series 5G. (Foto: Samsung Indonesia)

Jakarta - Kesan pertama itu penting dalam memilih berbagai hal, termasuk ketika kita ingin menentukan smartphone mana yang akan menjadi pilihan.

Dalam hal ini, tampilan desain menentukan kesan pertama konsumen terhadap sebuah smartphone, dan Samsung sangat paham akan hal ini.

Maka dari itu, Samsung konsisten menetapkan identitas desain yang khas di tiap smartphone Galaxy yang mampu meningkatkan standar akan desain sebuah smartphone.

Bagi Samsung, desain itu lebih dari sekadar penampilan karena desain mampu menentukan seberapa nyaman sebuah smartphone digunakan.

Berangkat dari paham tersebut, Samsung berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas tiap desain smartphone Galaxy agar tidak hanya cantik saat dilihat, namun juga menghadirkan pengalaman penggunaan terbaik, begitupun di Galaxy S22 Series 5G.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus, mengatakan bahwa selama bertahun-tahun, Galaxy S Series telah menetapkan standar akan desain smartphone premium, dan hal tersebut dipertegas oleh Galaxy S22 Series 5G. Semua elemen desain ini diciptakan semata-mata untuk memberikan pengalaman mobile yang sesuai dengan ekspektasi pengguna.

"Ke depan, Samsung akan terus menciptakan desain inovatif yang menciptakan pengalaman terbaik yang mampu mendobrak batasan yang ada akan apa yang bisa dilakukan sebuah smartphone," kata Verry Octavianus," dikutip Kureta pada Senin, 30 Mei 2022.

Simak 6 rahasia Samsung dalam menyempurnakan desain lini smartphone flagship terbarunya ini:

Galaxy S22 Series 5GSamsung Galaxy S22 Series 5G. (Foto: dok. Samsung)

1. Desain layar inovatif yang begitu nyaman digunakan

Ketika kita sedang jogging atau melakukan kegiatan di luar rumah, seringkali kita kesulitan untuk membaca pesan whatsapp atau memilih lagu karena teriknya sinar matahari.

Namun kali ini, Samsung mendesain layar yang paling nyaman digunakan di Galaxy S22 Series 5G lewat inovasi Vision Booster. Ini memungkinkan layar Galaxy S22 Series 5G memiliki tingkat kecerahan hingga 1.750 nits.

Selain itu, berkat algoritma layar terbaru, Vision Booster mampu melakukan tone mapping yang akurat untuk mengatur kontras warna pada layar sesuai dengan berbagai kondisi cahaya di sekitar pengguna.

Dengan begitu, saat digunakan di bawah sinar matahari, pengguna tidak hanya mendapatkan layar yang terang, namun juga detail yang tajam dan warna yang vivid.

Desain layar yang memahami pengguna pun dipertegas dengan inovasi Advanced Panel Self Refresh (ASPR). Hal ini memungkinkan layar Galaxy S22 Series 5G otomatis mengatur refresh rate sesuai dengan penggunaan perangkat.

Jadi, baik itu saat sekadar scrolling di media sosial hingga bermain game dengan animasi yang intens, pengguna bisa menikmati pengalaman menatap layar yang paling nyaman berkat kecepatan motion dan level smooth yang pas di tiap aktivitas.

ASPR pun membuat konsumsi baterai jadi lebih hemat berkat penggunaan refresh rate yang lebih optimal dan efisien.

Galaxy S22 UltraSamsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Foto: dok. Samsung)

2. Varian warna terbarukan yang menegaskan tampilan premium dari perangkat

Siapa yang tidak ingin punya smartphone dengan warna yang outstanding dan stylish? Jika itu yang kamu mau, Galaxy S22 Series 5G benar-benar memberi jawabannya berkat desain warna yang unik, premium, dan trendy.

Tiap perangkat tersedia dalam warna Phantom Black, Phantom White, dan Green, di mana Galaxy S22 5G dan S22+ 5G punya tambahan Pink Gold dan Galaxy S22 Ultra 5G punya opsi Burgundy.

Samsung telah memoles ulang shade warna pada Phantom Black dan Phantom White untuk menegaskan tampilan premium dari Galaxy S22 Series 5G.

Varian Green mampu merefleksikan kecintaan kamu kepada lingkungan karena Galaxy S22 Series 5G merupakan smartphone paling ramah lingkungan dari Samsung sampai saat ini.

Lalu, berkat lapisan nano-coating khusus, Samsung berhasil menghadirkan tone warna yang kaya pada varian Pink Gold sebagai ragam warna yang benar-benar unik.

Tak ketinggalan, warna Burgundy menegaskan kecanggihan dan tetap elegan yang ditawarkan oleh Galaxy S22 Ultra 5G.

Samsung Galaxy S22 Ultra 5GSmartphone Samsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Foto: SEIN)

3. Detail yang dimaksimalkan untuk identitas desain yang unik

Detail yang begitu diperhatikan menjadi salah satu hal yang membuat Galaxy S22 Series 5G punya identitas desain yang unik serta tampilan depan dan belakang yang simetris.

Detail di bagian samping pun memastikan smartphone ini tampak sleek dan smooth dilihat dari sudut mana pun. Semua ini menegaskan nilai premium yang dimiliki oleh Galaxy S22 Series 5G.

Lebih lanjut, layout kamera Galaxy S22 Series 5G telah diatur ulang untuk menetapkan identitas desain yang akan dipertahankan oleh Galaxy S Series ke depan.

Kamera Galaxy S22 5G dan S22+ 5G telah diletakkan sedemikian rupa agar jaraknya sama dengan tepi perangkat, baik secara vertikal maupun horizontal, untuk menciptakan impresi yang lebih berkesan.

Penampang kameranya pun menggunakan analogous color dari bodi perangkat yang membuat keduanya tampak lebih menyatu. Garis yang sleek yang melintang di sisi frame perangkat pun menciptakan penampilan yang clean.

Untuk kamera Galaxy S22 Ultra 5G, Samsung menghadirkan frame metal dengan finishing khusus yang memberikan kesan bahwa kamera tersebut melayang di atas body perangkat sekaligus menghadirkan harmonisasi antara kamera dengan bodi, menciptakan tampilan yang benar-benar baru.

Hasilnya? Desain yang elegan dengan kamera yang tidak begitu menimbul, lengkap dengan pantulan warna dari perangkat pada frame metal kamera yang unik.

Galaxy S22 UltraSamsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Foto: dok. Samsung)

4. Desain struktur komponen inovatif untuk sistem pendingin terdepan

Beralih ke desain yang tidak kamu lihat sehari-hari. Samsung telah mendesain struktur hardware di dalam Galaxy S22 Series 5G untuk menjaga perangkat tetap dingin sekaligus tahan air berkat kemampuannya dalam mendistribusikan panas dengan lebih baik, termasuk dengan adanya sistem pendingin terbaru.

Dalam hal ini, Samsung berinovasi pada thermal interface material (TIM), yaitu bagian yang bertanggung jawab untuk menghantarkan panas dari satu bagian ke bagian lain, lewat kehadiran Gel-TIM dan Nano-TIM.

Gel-TIM merupakan thermal paste dengan ketebalan yang lebih baik sehingga mampu menghantarkan panas 3,5x lebih efisien. Tepat di atas Gel-TIM ada Nano-TIM yang dibuat dari nano-fiber yang lebih fleksibel namun lebih tahan terhadap tekanan panas dan elektromagnetik dari chipset.

Material yang lebih baik membuat Nano-TIM lebih efisien dalam meneruskan suhu panas ke bagian lain, yaitu Vapor Chamber (VC), komponen sistem pendingin yang kini populer digunakan sebagai thermal spreader.

Galaxy S22 Series 5G membuat VC dari stainless steel khusus yang lebih kuat dan lebih ramping serta mampu menyelimuti area yang lebih lebar, dari bagian chipset hingga baterai.

VC yang tidak memakan ruang ini pun memungkinkan perangkat untuk tetap ramping dan memiliki baterai yang lebih besar. Dari VC, panas kemudian disalurkan ke Graphite Sheet yang akan mendistribusikan panas secara luas dan cepat.

Semua ini, lengkap dengan thermal management software, menghadirkan sistem pendingin yang lebih sempurna untuk penggunaan smartphone yang lebih nyaman tanpa rasa panas di tangan.

Galaxy S22 UltraSamsung Galaxy S22 Ultra 5G. (Foto: dok. Samsung)

5. Desain One UI 4.1 dan S Pen yang meningkatkan kenyamanan penggunaan perangkat

Galaxy S22 Series 5G dibuat dengan begitu compact. Salah satunya tampak dari kehadiran One UI 4.1 sebagai desain user interface paling nyaman dari Samsung sampai saat ini.

Ada banyak hal yang membuat One UI 4.1 mampu meningkatkan pengalaman penggunaan perangkat. Misalnya, ketika widget yang sering digunakan dikelompokkan lewat Smart Widget, deretan widget yang paling sering diakses bagi pengguna akan ditampilkan secara otomatis, bahkan dengan waktu dan lokasi yang sesuai.

Karena pengguna tak perlu lagi membuka banyak widget sekaligus untuk mendapatkan widget yang diinginkan, penggunaan home screen pun jadi lebih efisien.

One UI 4.1 juga memberi pengalaman baru dalam mempercantik foto. Ada Object Eraser berbasis AI yang secara otomatis mendeteksi serta menghapus objek, bayangan, hingga pantulan cahaya dengan lebih efisien dan lebih smooth dibanding menghapus secara manual.

Pengguna juga bisa menghilangkan pola mengganggu yang kerap muncul ketika memotret layar TV atau monitor.

Mau lebih jago berbahasa Inggris? Pada One UI 4.1, Samsung Keyboard sudah terintegrasi dengan Grammarly, jadi kamu bisa mendapat saran atau perbaikan terhadap tulisan kamu tanpa perlu mengganti varian keyboard.

Compact-nya Galaxy S22 Series 5G pun dipertegas oleh kemampuan Galaxy S22 Ultra 5G dalam menyimpan S Pen secara built-in di dalam body-nya yang ramping.

S Pen ini sendiri memberikan pengalaman mobile yang lebih menyenangkan karena pengguna bisa menulis dan menggambar di layar lapang pada perangkat dengan lebih realistis.

Hal ini tentunya berkat latensi yang 3 kali lebih responsive yaitu menjadi 2.8 ms, membuat pengguna bisa menikmati pengalaman layaknya menggoreskan pena di kertas.

Lebih lagi, pengguna juga bisa menggunakan Compact Mode di menu Air Command untuk membuka aplikasi dengan lebih mudah cukup dengan tekan lama pada tombol di S Pen.

Samsung S22 Series 5GIlustrasi post-concumer material di perangkat Samsung S22 Series 5G. (Foot: dok. SEIN)

6. Nikmati desain ramah lingkungan yang makin meningkatkan kenyamanan penggunaan smartphone di Galaxy S22 Series 5G

Identitas desain dari Galaxy S22 Series 5G dipertegas dengan posisinya sebagai smartphone Samsung paling ramah lingkungan sampai saat ini.

Hal tersebut pun langsung tampak dari boks kemasannya yang diproduksi menggunakan 100 persen kertas daur ulang.

Seluruh komponen di dalamnya, termasuk aksesori dan buku manual, dibuat dengan lebih compact untuk mengurangi volume keseluruhan dari boks.

Kesadaran akan menjaga lingkungan ini membuat Samsung bisa menghadirkan Galaxy S22 Series 5G dengan boks kemasan yang 56 persen lebih kecil volumenya dibandingkan dengan Galaxy S20 Series. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

Loading ...