News

Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi

Cara Mengatasi Tidak Bisa Scan Barcode di Aplikasi PeduliLindungi
Logo situs dan aplikasi Peduli Lindungi. (Foto: Kureta/Istimewa)

Jakarta - Seperti sudah diketahui, masyarakat yang ingin beraktivitas di ruang publik seperti mal, supermarket, restoran, atau ingin menggunakan moda transportasi umum (darat, laut, dan udara) kini perlu memiliki aplikasi PeduliLindungi.

Melalui aplikasi ini, seseorang dapat diketahui bahwa ia telah menerima vaksin Covid-19 atau belum.

Selain itu, pemilik aplikasi pun perlu melakukan scan barcode sebagai syarat untuk masuk ke berbagai tempat umum.

Kendala yang sering terjadi yaitu pengguna tidak bisa scan barcode di PeduliLindungi, tidak bisa login, hingga kesalahan data yang tercantum.

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk memperbaiki masalah yang membuat aplikasi PeduliLindungi tidak berfungsi.

Melansir dari berbagai sumber pada Sabtu, 18 September 2021, berikut ini 5 cara mengatasi masalah tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi:

1. Memperbarui aplikasi

Tidak memperbarui aplikasi juga dapat menyebabkan kendala saat hendak scan barcode PeduliLindungi. Pastikan mengecek secara rutin pembaruan software atau melakukan update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru agar aplikasi berjalan lancar. Pembaruan aplikasi PeduliLindungi bisa dilakukan melalui Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS).

2. Pastikan koneksi internet stabil

Tidak bisa scan barcode PeduliLindungi bisa terjadi akibat koneksi internet yang tidak stabil. Kondisi itu akan membuat proses pemindaian QR Code (scan QR) melalui aplikasi PeduliLindungi tidak berhasil. Cara mengatasinya, cari dan gunakan koneksi internet yang lebih stabil, baik yang berasal dari WiFi maupun tethering.

3. Login secara berkala

Login (masuk) lalu logout (keluar) secara berulang-ulang juga bisa mengatasi masalah tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi. Dengan cara ini, aplikasi akan memberi respons secara otomatis, sehingga fitur QR Code akan berfungsi seperti semula.

4. Menutup aplikasi di background

Penyebab tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi selanjutnya adalah adanya banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel. Oleh sebab itu, pastikan tidak ada aplikasi lain yang berjalan di background sebelum melakukan scan barcode PeduliLindungi.

5. Membersihkan data cache

Tidak bisa scan barcode di aplikasi PeduliLindungi juga bisa disebabkan oleh penuhnya ruang penyimpanan ponsel. Salah satu upaya yang bisa dilakukan agar ruang penyimpanan kembali kosong adalah dengan menghapus data cache. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 21:46 WIB
Mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Reo dijebloskan ke penjara karena korupsi dana BOS.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 17:29 WIB
Chief Operating Officer (COO) Pahami Cipta Edukasi (Pahamify) Mohammad Ikhsan menyatakan era pendidikan yang dinamis saat pandemi.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 16:04 WIB
Isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju kembali memanas seiring mendekati Rabu Pon 8 Desember mendatang ini calon Jaksa Agung pengganti ST Burhanuddin
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:50 WIB
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menjelaskan perihal harta kekayaannya melejit Rp 4 miliar, saat jadi pimpinan KPK.
News
Morteza Syariati Albanna - 3 December 2021 | 15:18 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi sentil Kapolda dan Kapolres sowan ke sesepuh ormas yang buat keributan. Berikut berita secepatnya.
Opini
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 15:07 WIB
Memiliki tubuh yang ideal, sehat, dan kuat adalah dambaan setiap orang.
News
Fahzian Aldevan - 3 December 2021 | 12:47 WIB
Pemda Manggarai gandeng Kejari Cabang Reo sosialisasi penggunaan dana BOS
News
Fetra Tumanggor - 3 December 2021 | 12:35 WIB
Obat Sotrovimab disebut ampuh melawan virus corona, termasuk varian Omicron. Lalu apa itu sotrovimab?
Loading ...