News

Cara Maksimalkan Fitur Smartphone Samsung Galaxy A03 di Jaringan 4G

Cara Maksimalkan Fitur Smartphone Samsung Galaxy A03 di Jaringan 4G
Samsung Galaxy A03. (Foto: Kureta/Istimewa)

Jakarta - Di era yang serba digital, peran teknologi tentunya semakin besar dalam memudahkan masyarakat menuntaskan berbagai kegiatannya sehari-hari.

Namun, tidak dipungkiri jika terkadang banyak dari pengguna smartphone yang mengeluhkan jaringan yang kurang stabil serta pengoperasian smartphone yang lemot.

Kini, seiring dengan upaya operator telekomunikasi di Indonesia untuk menyelesaikan proses migrasi jaringan 3G ke 4G pada tahun 2022 ini, maka kebutuhan akan smartphone dengan harga terjangkau yang mampu menangkap jaringan internet 4G yang lebih cepat serta anti lemot pun semakin hari juga semakin luas.

Memahami hal tersebut, dan sebagai upaya menegaskan komitmennya menghadirkan inovasi yang bermakna bagi pengguna, Samsung Electronics Indonesia menghadirkan solusi terjangkau bagi masyarakat luas untuk upgrade ke smartphone 4G melalui lini Galaxy A03 Series.

Dengan layar, memori, dan baterai yang besar, ditambah dengan jaringan 4G dan harganya yang sejutaan, Galaxy A03 Series menjadi jawaban bagi konsumen yang menginginkan smartphone dengan kinerja optimal namun dengan budget minimal untuk memenuhi kebutuhan esensial sehari-hari.

MX Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia, Ricky Bunardi mengatakan, dengan harga sejutaan saja, masyarakat bisa mendapatkan Galaxy A03 Series untuk menikmati layanan 4G agar pengalaman berkomunikasi jadi lebih lancar dan berinternet jadi lebih cepat.

Apalagi, kata dia, Samsung juga telah bekerja sama dengan Telkomsel untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan dalam menggunakan jaringan 4G di Galaxy A03 Series.

"Ditambah dengan fitur-fitur Awesome seperti baterai 5.000mAh, layar 6,5 inci yang lapang untuk berbagai aktivitas, varian RAM serta memori hingga 128GB yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, hingga konfigurasi kamera hingga 48MP untuk mendukung berbagai kebutuhan esensial sehari-hari, Galaxy A03 Series dapat dijadikan sebagai solusi terbaik bagi para konsumen yang ingin menjalankan aktivitas sehari-hari dengan lancar," kata Ricky Bunardi, dikutip Kureta pada Kamis, 2 Juni 2022.

Berikut Kureta rangkumkan sejumlah tips memaksimalkan fitur Galaxy A03 Series:

Samsung Galaxy A03 Series

Samsung Galaxy A03 Series. (Foto: Samsung)

1. Cara mengatasi smartphone lemot bikin multitasking lancar dengan memori besar dan 4G

Seringkali para pengguna smartphone mengeluh akibat memori penuh yang menyebabkan smartphone menjadi lemot dan panas yang tentunya mengganggu mobilitas saat harus menggunakan smartphone untuk berbagai kepentingan.

Meskipun sudah memiliki memori internal yang cukup besar, ada berbagai cara untuk tetap merawat dan menjaga smartphone supaya tetap memberikan performa dan pengalaman yang maksimal.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus data cache dari aplikasi yang sering dilakukan sehingga ruang penyimpanan yang tersedia jadi lebih optimal dalam memaksimalkan kinerja smartphone.

Berikut cara menghapus data cache yang perlu kamu lakukan secara rutin agar smartphone tetap memberikan performa yang maksimal dalam waktu lama dan tidak cepat lemot:

  • Masuk ke Pengaturan, lalu pilih Aplikasi
  • Setelah muncul beberapa aplikasi yang sering digunakan, kita bisa pilih misalnya aplikasi YouTube
  • Setelah itu, klik menu Penyimpanan
  • Lalu pilih Hapus Memori
  • Setelah itu maka bisa dilihat bahwa memori dari aplikasi YouTube ataupun aplikasi lain yang bisa kita pilih menjadi kosong.

Selain menghapus data cache, cara lain yang bisa dilakukan untuk menjaga smartphone makin lancar buat multitasking di jaringan 4G adalah rajin update sistem operasi.

Dengan memperbarui software smartphone, kita akan mendapatkan fitur baru yang meningkatkan kenyamanan penggunaan perangkat, security patch terbaru yang menjaga keamanan perangkat dari virus dan malware, hingga perbaikan berbagai bug yang membuat kinerja perangkat jadi lebih lancar.

Selain itu, ada baiknya hindari pengaturan auto-download di aplikasi WhatsApp, jadi smartphone kamu tidak terbebani dengan banyaknya foto dan video yang otomatis diunduh dan disimpan di memori internal perangkat.

Untungnya, Galaxy A03 hadir dengan memori internal hingga 128GB yang bisa ditambah dengan memori eksternal hingga 1TB.

Jadi, kamu tak perlu khawatir ruang penyimpanan jadi cepat penuh yang sering jadi alasan kenapa smartphone cepat lemot.

Kamu juga tak cepat terganggu dengan data cache atau foto dan video dari WhatsApp yang menumpuk berkat ruang penyimpanan yang besar.

Sehingga, kamu bisa lebih memaksimalkan memori untuk mengunduh berbagai aplikasi dan memaksimalkan jaringan 4G untuk dapat digunakan di setiap rutinitas kamu dengan lebih nyaman dan tidak lemot.

Samsung Galaxy A03 Core.
Samsung Galaxy A03 Core. (Foto: Kureta/Samsung Indonesia)

2. Cara makin puas saat main game hingga streaming konten dengan baterai besar dan 4G

Smartphone memberi kita hiburan tanpa batas untuk dinikmati, mulai dari main game hingga menonton video. Apa pun hiburan yang kamu suka, kamu bisa memaksimalkan baterai besar dan tahan lama berkapasitas 5.000mAh di Galaxy A03 Series untuk main game hingga streaming konten dengan lebih puas.

Jadi, kamu bisa lebih lama main game kasual populer seperti Stumble Guys, Higgs Domino Island, dan Candy Crush Saga, atau streaming berbagai video di YouTube dan marathon film atau series yang sedang trending sekarang tanpa khawatir baterai akan cepat habis.

Apalagi, ada konektivitas cepat dari 4G yang bikin kamu bisa main game online dan streaming dengan lebih lancar.

Menariknya lagi, khusus Galaxy A03 Core, smartphone ini dibekali Android 11 Go Edition yang menghemat konsumsi baterai namun dengan pengalaman konektivitas jaringan yang tetap lancar, bikin kamu bisa main game dan streaming dengan puas tanpa banyak kehabisan baterai.

Supaya makin puas gaming dan streaming, kamu juga bisa memaksimalkan tips-tips untuk menjaga umur baterai dalam jangka panjang.

Misalnya, ada baiknya kamu juga tidak main game atau nonton sambil mengecas supaya perangkat tidak cepat panas dan baterai tidak cepat bocor. Selain itu, cukup cas perangkat sampai di kisaran 80–85 persen.

Bagusnya, Galaxy A03 Series telah dilengkapi dengan fitur baterai adaptif yang akan membatasi penggunaan baterai untuk aplikasi yang jarang kamu gunakan, jadi umur baterai bisa lebih awet. Kamu bisa mengaktifkan fitur baterai adaptif dengan cara berikut ini:

  • Masuk ke Pengaturan, lalu pilih Perawatan Perangkat dan Baterai
  • Setelah itu, pilih menu Baterai
  • Klik Pengaturan Baterai Lainnya
  • Lalu aktifkan baterai adaptif. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

Loading ...