News

BUMN Strategis Berpotensi Bangkrut, Erick Thohir Disebut Cari Dukungan Moral ke Barikade 98

BUMN Strategis Berpotensi Bangkrut, Erick Thohir Disebut Cari Dukungan Moral ke Barikade 98
Menteri BUMN Erick Thohir saat Pengukuhan dan Rakernas I Barikade 98 se-Indonesia. Foto: Ist.

Jakarta - Peneliti Riset Politik - Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) Wasisto Raharjo Jati menanggapi kedatangan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dalam Rakernas I dan Pengukuhan DPW Barikade 98 se-Indonesia, beberapa waktu lalu.

Wasis melihat kedatangan Erick Thohir ke acara Barikade 98, semata untuk mencari dukungan moral lantaran sempat mendapat sorotan tajam ada beberapa instansi BUMN yang berpotensi bangkrut, contohnya Garuda Indonesia.

"Saya pikir "manuver" itu bagian upaya defensif Erick dan pendukungnya dari berbagai kritikan pedas publik soal potensi bangkrutnya beberapa BUMN strategis sehingga perlu adanya semacam dukungan moral," kata Wasis saat dihubungi Kureta, Jumat, 19 November 2021.

Baca jugaIsu Reshuffle Panas, GMKI Soroti Korupsi di Instansi BUMN era Erick Thorir

Menurut Wasis, posisi Erick di dalam Kabinet Indonesia Maju relatif aman dari goncangan reshuffle. Sebab, mantan bos Inter Milan itu sempat menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma`ruf pada Pilpres 2019 lalu, hingga menghantarkan Jokowi menjadi Presiden RI dua periode.

"Erick lebih condong untuk mencari dukungan moralitas saja karena saya pikir posisinya di kabinet masih relatif aman, karena ada semacam balas budi Jokowi terhadap Erick Thohir yang dulu ketua TKN saat Pilpres 2019," ujar dia.

Saat ditanyakan apakah ada hasrat Erick menjadi capres-cawapres pada Pilpres 2024 mendatang, Wasis mengaku belum melihat adanya kausalitas antara menghadiri acara Barikade 98 dengan `berahi` politik Erick.

"Saya pikir belum ada arah ke pemilu 2024 saat ini. Konsolidasi itu lebih condong pada penggalangan dukungan moralitas saja," ucap Wasis.

Baca jugaGMKI Anggap Tidak Ada yang Spesial Saat Erick Thohir Poles BUMN

Sebelumnya, Ketua Umum Barikade 98 Benny Rhamdani menyatakan dukungan penuh kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi, termasuk memberi dukungan terhadap para menteri di dalam Kabinet Indonesia Maju, seperti Erick Thohir.

Benny menekankan, akan memberi dukungan pada menteri yang mempunyai visi perjuangan atas cita-cita demokratisasi dan reformasi 98.

Dia memuji langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang ia lihat berani membongkar kebusukan yang ada di dalam kementeriannya sendiri.

"Penataan kelembagaan dilakukan, reformasi secara internal terus dikobarkan, perusahaan-perusahaan yang dianggap bangkrut tidak memberikan kontribusi dan keuntungan pada negara yang selama ini disuapi oleh pihak-pihak tertentu agar ia tetap hidup, justru dibubarkan dan digabungkan," kata Benny dalam Rakernas I dan Pengukuhan DPW Barikade 98 se-Indonesia, Orasi Kebangsaan Hari Pahlawan 2021, dikutip Opsi di Jakarta, Kamis, 18 November 2021.

Sementara, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku apa yang dilakukannya selama menjadi Menteri di Kabinet Indonesia Maju, hanya menjalankan tugas semata.

"Saya secara pribadi sebagai pembantu presiden siap diangkat siap dicopot, tetapi sudah seyogianya sebagai pembantu beliau justru menjaga beliau, menjaga apa-apa yang sudah menjadi visi beliau, karena beliau sudah menekankan menteri tidak punya visi, menteri hanya melaksanakan tugas," ucap Erick Thohir. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Rio Anthony - 24 May 2022 | 21:36 WIB
Hujan petir diprediksi berpotensi terjadi disejumlah wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) besok, Rabu, 25 Mei 2022.
News
Tigor - 24 May 2022 | 20:52 WIB
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga menyampaikan janjinya akan membangun jalan pertanian kepada petani jeruk.
News
Tigor - 24 May 2022 | 19:08 WIB
PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah mengagendakan turnamen pramusim.
News
Tigor - 24 May 2022 | 18:54 WIB
Kapolda Simanjuntak mendatangi peternakan di Desa Bukit Kubu, Besitang, Kabupaten Langkat.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:44 WIB
Pascabadai pandemi Covid-19 yang menerpa dunia hingga haji ditiadakan untuk jemaah Indonesia, termasuk Aceh, membuat rindu.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:42 WIB
Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh menyebutkan stok vaksin merek Sinovac mulai menipis di Aceh. Hal ini menjadi penghambat vaksinasi anak.
News
Fernandho Pasaribu - 24 May 2022 | 17:34 WIB
Fraksi PPP DPR RI meminta pemerintah lebih mengoptimalkan belanja dengan berfokus pada perlindungan sosial serta subsidi energi.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:30 WIB
emerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh, melakukan gladi resik pelantikan calok kepala desa.
News
Fernandho Pasaribu - 24 May 2022 | 17:27 WIB
Tito Karnavian kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah Indonesia.
News
Morteza Syariati Albanna - 24 May 2022 | 17:27 WIB
Masyarakat Desa Padang Datar, Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh meninggal dibacoki ODGJ.
Loading ...