News

Big Data Buatan Kalbe Nutritionals Siap Bantu Pemerintah Atasi Masalah Stunting - Nutrisi

Big Data Buatan Kalbe Nutritionals Siap Bantu Pemerintah Atasi Masalah Stunting - Nutrisi
Presiden Direktur KALBE Nutritionals Ongkie Tedjasurja pada acara peluncuran program kerja sama penurunan angka stunting di Indonesia di BKKBN, Kamis, 26 Agustus 2021.(Foto:Kureta/Achmad Marendes-CBCOMM)

Jakarta - PT Sanghiang Perkasa atau Kalbe Nutritionals, perusahaan nutrisi terbesar di Indonesia memahami bahwa proses digitalisasi dan berbagai implikasinya ternyata memberi peluang luar biasa.

Tak hanya untuk merevisi metode dan praktik bisnis, bahkan juga untuk merumuskan pola kehidupan sosial baru yang lebih baik dan lebih sehat, yaitu dengan merangkul ekosistem analitik big data.

Ongkie: Kami optimis, segala tantangan yang dihadapi industri kesehatan di Indonesia, dapat diatasi melalui kolaborasi dengan para pakar, memanfaatkan teknologi dan berbagai langkah yang terarah

Bekerja sama dengan PT All Data International, Google Cloud Partner, Kalbe Nutritionals mulai mengembangkan solusi big data untuk menemukan solusi terbaik dan positif seperti meningkatkan operasional bisnis, kinerja dan pengambilan keputusan yang lebih tepat.

Dengan mengembangkan solusi big data ini, Kalbe Nutritional berharap bisa berkontribusi lebih banyak di sektor publik, khususnya membantu pemerintah dalam program penurunan angka stunting di Indonesia bersama Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Dalam hal ini Kalbe Nutritionals ikut memberi sumbangsihnya dalam penyediaan data dan produk nutrisi untuk membantu mengatasi masalah stunting dan malnutrisi di Indonesia.

Lebih lanjut, Presiden Direktur Kalbe Nutritionals Ongkie Tedjasurja meyakini di tengah dunia yang berubah cepat ini, pihaknya harus sigap beradaptasi agar tetap menjalani peran dan memberi manfaat bagi banyak masyarakat.

"Kita dihadapkan pada kenyataan bahwa untuk hidup sehat dan memenuhi kehidupan negeri ini di masa depan, kita harus menemukan nilai-nilai baru yang meneguhkan kehidupan, serta membentuk pola hidup dan bekerja sama yang baru," kata Ongkie meneruskan catatan yang disampaikan kepada Kureta, Senin, 30 Agustus 2021.

"Kita harus mampu memanfaatkan teknologi dengan cara yang benar, sehingga dapat membentuk masa depan layanan kesehatan dan menyelesaikan masalah yang ada. Salah satu cara mentransformasi industri kesehatan menjadi lebih efisien dan lebih terjangkau adalah melalui penggunaan solusi big data," sambungnya.

Transformasi dunia bisnis dan perubahan sosial secara terus menerus ini tentu berdampak pula pada dunia marketing. Dunia marketing ikut berubah dengan cepat dari waktu ke waktu dan customer behavior juga ikut berubah.

Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19, secara nyata kita bisa melihat perubahan perilaku, pelanggan lebih banyak online dan bertransaksi di berbagai channel baru.

Big data membuka peluang tidak hanya bagi para profesional di industri kesehatan tetapi juga membuka potensi besar dalam kesehatan masyarakat, kesehatan institusional, penelitian, layanan perawatan pasien, bahkan hingga kebijakan kesehatan dan penerapannya di masyarakat.

Menegaskan hal tersebut, Head of CRM PT Karsa Lintas Buwana (Kalbe e-Health) Joulmer turut menjelaskan latar belakang Kalbe Nutritionals memulai langkah dalam mengembangkan solusi big data.

"Awalnya Kalbe Nutritionals melihat efektivitas dari kegiatan marketing yang dilakukan mulai membutuhkan cara-cara baru. Cara-cara tersebut berkaitan dengan bagaimana kami bisa memahami customer. Maka kami melihat bahwa data menjadi satu hal penting, agar kami bisa memberi sesuatu yang menjadi ekspektasi mereka," ujar Joulmer.

Di samping itu, lanjut dia, pihaknya juga melihat muncul tren-tren baru seperti kebiasaan berbelanja dengan ponsel dan tidak lagi mengunjungi toko fisik.

"Cara-cara berkomunikasi juga mulai berubah, mereka tidak lagi menggunakan email, sekarang lebih nyaman berkomunikasi lewat media sosial dan WhatsApp. Ini membuat Kalbe Nutritionals menilai bahwa solusi big data menjadi sesuatu yang critical untuk marketing kami dan akan semakin dominan di masa yang akan datang. Ini membuat peran digital dan data ini menjadi semakin penting," tuturnya.

Lebih lanjut, Yani Purwanto, Presiden Director All Data International selaku certified Google Cloud Partner di Indonesia menjelaskan bagaimana menerjemahkan data-data tersebut menjadi wawasan bermakna bagi proses pengambilan keputusan yang akurat.

"Kami harapkan agar hasil data processing ini dapat mendukung kinerja bisnis perusahaan serta dapat gunakan oleh Kalbe Nutritionals bersama BKKBN dalam Program Penurunan Angka Stunting di Indonesia," kata Yani.

Dia menegaskan, Google Cloud dapat memberikan solusi cloud tingkat perusahaan yang memanfaatkan teknologi mutakhir Google untuk membantu perusahaan beroperasi lebih efisien dan beradaptasi dengan perubahan kebutuhan.

"All Data International adalah perusahaan data analytics yang mengimplementasikan dan membuat use case untuk kebutuhan big data di KALBE Nutritionals," tutur Yani.

Di akhir, Ongkie Tedjasurja mengaku optimis dengan big data yang mereka bangun. Tentunya, keberhasilan ini dilakukan melalui kolaborasi dengan para pakar.

"Kami optimis, segala tantangan yang dihadapi industri kesehatan di Indonesia, dapat diatasi melalui kolaborasi dengan para pakar, memanfaatkan teknologi dan berbagai langkah yang terarah," ucap Ongkie.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 17:05 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD mengaku bakal mencari formula untuk mereformasi bidang hukum peradilan.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 16:01 WIB
Kotak resmi mengumumkan rencananya untuk menggelar tur konser bertajuk HANTAM 18th KOTAK di 8 kota di Indonesia.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 15:19 WIB
Devano resmi merilis single terbaru yang diberi tajuk Hari Paling Bahagia, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-20.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 14:37 WIB
Aqeela Calista kembali berkarya di dunia tarik suara dengan merilis single cover versinya untuk lagu Kau Curi Lagi milik grup band J-Rocks.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 13:43 WIB
Festival musik Pestapora 2022 sukses digelar di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta sepanjang akhir pekan lalu.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 12:30 WIB
Pemerintah mengeluarkan Instruksi Presiden No. 7 tahun 2022 tentang penggunaan kendaraan bermotor listrik.
News
Fernandho Pasaribu - 27 September 2022 | 10:52 WIB
Anggota MPR RI Netty Aher menilai terjadinya beberapa kasus hukum yang menyedot perhatian belakangan ini karena kurangnya pengamalan Pancasila.
News
Eno Dimedjo - 27 September 2022 | 0:00 WIB
Opini Firman Jaya Daeli mengenai Pembangunan Kelembagaan Politik dan Penguatan Kualitas Otonomi Daerah.
Loading ...