News

Bank BUMN Jadi Sponsor Liga 1, Ini Kata Erick Thohir

Bank BUMN Jadi Sponsor Liga 1, Ini Kata Erick Thohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir. (Foto: Kureta/Fernandho Pasaribu)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengapresiasi langkah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk kembali menjadi sponsor gelaran kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia, yakni Liga 1.

Alhamdulillah dengan kompetisi yang sehat kita bisa melihat bertahap perbaikan prestasi

Komitmen bank BUMN ini selaras dengan semakin meningkatkan kualitas sepak bola nasional, baik secara prestasi maupun bisnis.

Secara prestasi, timnas sepak bola Indonesia memastikan lolos ke Piala Asia 2022. Sedangkan secara bisnis Liga 1 terbukti mampu menggerakkan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan nilai total Rp 3 triliun.

"Alhamdulillah BRI kembali akan menjadi sponsor untuk gelaran Liga 1 musim kompetisi 2022. Selain menjadi sarana promosi yang efektif untuk menjangkau masyarakat, Liga 1 juga berkembang menjadi sebuah ekosistem yang tak hanya menggerakkan dunia sepak bola melainkan pula UKM," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulisnya, Senin, 25 Juli 2022.

Dia pun mengapresiasi kinerja BRI yang terus mampu menjadi pilar pendukung bergeliatnya UKM. Di Liga 1 saja, ada puluhan ribu UKM yang mampu hidup dan berkembang dengan sokongan BRI.

"Ini selaras dengan misi BRI sebagai institusi keuangan yang mendorong dan menumbuhkan UKM. Karena di balik Liga 1 sendiri ada banyak turunan UKM baik yang menjual makanan, merchandise, dan lain sebagainya. Perputaran ekonomi dari UKM ini mencapai Rp 3 triliun," ujarnya.

Tak hanya dari sisi ekonomi, Erick yakin pelaksanaan kompetisi Liga 1 akan semakin mendorong semakin majunya prestasi sepak bola nasional.

Sepak bola sebagai olahraga rakyat, katanya, mesti menjadi kebanggaan bangsa di pentas internasional. Dan dari kompetisi berkualitas akan lahir timnas yang berprestasi di level internasional.

"Menjadi harapan seluruh rakyat Indonesia melihat timnas kita berprestasi. Alhamdulillah dengan kompetisi yang sehat kita bisa melihat bertahap perbaikan prestasi. Meski memang masih banyak yang perlu ditingkatkan demi semakin majunya sepak bola kita," tuturnya.

Erick pun berpesan kepada seluruh elemen sepak bola nasional agar menyambut gelaran Liga 1 dengan tetap disiplin terkait protokol kesehatan.

Dengan diperbolehkannya suporter untuk kembali ke stadion, Erick berharap kebijakan ini disambut suporter dengan tetap waspada terkait pencegahan Covid-19.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama BRI Catur Budi Harto menyebutkan animo pecinta sepak bola terhadap BRI Liga 1 semakin terasa jelang kompetisi bergulir.

Terlebih, pecinta sepak bola kini sudah dapat menyaksikan pertandingan secara langsung di stadion.

"Saat ini alhamdulillah pandemi sudah lebih terkendali sehingga aktivitas sosial dan ekonomi masyarakat sudah mulai kembali pulih, sehingga saat ini pertandingan sudah dapat dihadiri langsung oleh supporter secara bertahap sebanyak 75 persen dari kapasitas stadion," ucap Catur.

Catur menjelaskan latar belakang dan pertimbangan, mengapa BRI kembali menjadi Title Sponsor BRI Liga I musim 2022-2023.

Pertama, dari sisi ekonomi, BRI ingin terus menghidupkan mata rantai ekonomi kerakyatan melalui industri sepak bola nasional. Menurut penelitian LPEM FEB UI, kompetisi ini dapat menggerakkan perekonomian sebesar Rp 3 triliun.

"Penyelenggaraan BRI Liga I musim lalu tersebut turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi atau PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia pada kuartal I tahun 2022 yang mampu tumbuh 5,01 persen YoY," katanya.

Selain faktor ekonomi, kata Catur, adalah Liga 1 adalah sarana promosi yang efektif dan efisien. Di samping juga BRI ingin berkontribusi penuh dalam mendukung prestasi sepak bola nasional.[]

Berita Terbaru

Berita Lainnya

Loading ...