News

Anggota DPR Menilai Sejumlah Sosok Ini Layak Gantikan Ferdy Sambo

Anggota DPR Menilai Sejumlah Sosok Ini Layak Gantikan Ferdy Sambo
Ilustrasi Polisi. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan menyerahkan sepenuhnya kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo terkait pengganti Irjen Ferdy Sambo sebagai Kepala Divisi Propam definitif. Namun, dirinya tidak menampik sejumlah nama yang sempat beredar layak untuk mengisi jabatan tersebut.

“Saya tidak mau sebutkan nama, tidak masalah Mas Hendro (Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Hendro Pandowo), Mas Andi Rian (Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Brigjen Pol Andi Rian Djajadi), Mas Ahmad Ramadhan (Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan). Bahkan beberapa nama yang lain at least menurut saya yang layak untuk dihadirkan," kata Arteria kepada para wartawan, di Jakarta, Rabu, 20 Juli 2022.

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini menyerahkan sepenuhnya kepada Kapolri untuk menentukan pilihannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi objektif Polri saat ini.

Menurut Arteria, Polri memiliki banyak aset-aset sumber daya manusia (SDM) terbaiknya yang bisa menempati posisi Kadiv Propam definitif.

"Intinya, pengganti Pak Sambo harus bisa menjadi penyelesai masalah, diterima dan menjadikan Polri solid, mampu menjaga muruah institusi Polri dan meningkatkan kepercayaan publik kepada Polri pasca kejadian," ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Listyo Sigit menonaktifkan Irjen Ferdy Sambo dari jabatan Kadiv Propam Polri.

Keputusan ini menyusul kasus peristiwa berdarah baku tembak antaranggota polisi hingga menewaskan Nopryansah Yosua Hutabarat (Brigadir J) di rumah dinas Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat, 8 Juli 2022.

Untuk sementara, posisi Sambo sebagai Kadiv Propam akan diisi oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

"Kita putuskan agar Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo dinonaktifkan dan sementara jabatannya diemban oleh Wakapolri," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers Senin, 18 Juli 2022.

Diketahui, Irjen Ferdy Sambo dan keluarga menjadi sorotan publik usai terjadi peristiwa berdarah di rumah dinas Kadiv Propam, yang menewaskan Brigadir J pada Jumat, 8 Juli 2022. Namun, kasus ini baru terkuak di publik pada Senin, 11 Juli 2022 alias ada jeda tiga hari dari tanggal kematian Brigadir J.

Brigadir J disebut-sebut melakukan pelecehan ke istri Kadiv Propam sambil menodongkan pistol. Dari kejadian tersebut, menurut polisi, memicu baku tembak antara Brigadir J dengan Bharada E, hingga menewaskan Nopryansah Yosua Hutabarat (Brigadir J) yang tubuhnya tertembus peluru.

Baik Brigadir J maupun Bharada E merupakan ajudan Ferdy. Brigadir J bertugas sebagai sopir istri Ferdy, sementara Bharada E bertugas melindungi keluarga Kadiv Propam.

Dalam kasus ini Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo membentuk tim khusus untuk mengungkap kasus tewasnya Brigadir J. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

Loading ...