Alur

7 Kiat Agar Lebih Semangat Bangun Sahur

7 Kiat Agar Lebih Semangat Bangun Sahur
Ilustrasi perempuan bangun tidur. (foto: shutterstock.)

Jakarta - Sahur sangat penting dilakukan agar tetap berenegi saat puasa Ramadan. Namun, rasa kantuk tak tertahankan kerap mengganggu bangun dini hari. Bila Anda butuh suntikan semangat untuk sahur, simak tujuh cara berikut dikutip dari Gulf News, Senin, 11 April 2022.

1. Tidur lebih cepat

Mudah diucapkan tapi mungkin lebih sulit dilakukan saat bulan Ramadan. Namun, Anda harus berusaha istirahat lebih cepat dari biasanya agar bisa bangun lebih pagi. Dengan tidur lebih cepat, Anda akan lebih berenergi saat sahur karena sudah mendapat porsi istirahat cukup.

2. Letakkan alarm di tempat jauh

Anda akan mudah mematikan alarm bila posisinya ada di jangkauan tangan. Letakkan di tempat yang agak jauh, misalnya di meja seberang tempat tidur, agar ketika alarm berbunyi Anda mau tidak mau harus bangun untuk mematikannya.

3. Jangan konsumsi minuman kafein sebelum tidur

Bila Anda yang terbiasa minum kopi sebelum Ramadan, mungkin agak sulit untuk menghentikan kebiasaan itu. Meski bersikeras meyakinkan segelas kopi saat buka puasa takkan berpengaruh, ada kemungkinan justru itu akan membuat Anda sulit tidur. Jika memungkinkan, coba kurangi minuman kafein selama bulan puasa agar bisa tidur cepat dan bangun lebih pagi.

4. Olahraga rutin

Olahraga bisa membantu Anda tidur lebih baik dan lebih cepat dari biasanya. Jalan kaki setelah buka puasa, bila dilakukan secara konsisten, bisa membuat Anda lebih cepat tidur. Olahraga dapat dilakukan persis sebelum buka puasa atau sekitar pukul 9 malam.

5. Jangan makan terlalu banyak saat buka puasa

Jangan "balas dendam" ketika buka puasa dengan mengonsumsi porsi makanan lebih banyak dari biasanya. Makan secukupnya, minum banyak air, jangan lupa beribadah lalu istirahat.

6. Hangat bersama keluarga

Bangun beramai-ramai bersama anggota membuat sahur jadi lebih menyenangkan. Ajak tiap orang untuk berbagi tugas dalam menyiapkan sahur, mulai dari menyeduh teh hangat, menyiapkan kurma atau memanaskan makanan.

7. Siapkan menu yang lezat

Sebelum tidur, pikirkan menu sahur yang seru dan membuat Anda tak sabar bangun untuk menyantapnya. Siapkan menu yang lezat sesuai selera, tapi pastikan semuanya mengandung nutrisi yang penting untuk tubuh. []

Berita Terbaru

Berita Lainnya

News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 20:12 WIB
Deklarator Koalisi Bersama Rakyat (KOBAR), Sahat Martin Philip Sinurat menegaskan bahwa sesungguhnya koalisi Jokowi adalah rakyat Indonesia.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:45 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, Muhammad Qodari menyinggung usulan elite politik terkait wacana penundaan Pemilu 2024.
News
Fernandho Pasaribu - 25 June 2022 | 18:02 WIB
Penasihat Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024, M Qodari menegaskan bahwa gerakan mendukung Presiden Joko Widodo menjabat tiga periode tak mati.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 13:07 WIB
Kontingen cabang olahraga pencak silat Kabupaten Abdya Provinsi Aceh berhasil meraih satu mendali Perak dan dua perunggu.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:58 WIB
Kades Mataie, Kecamatan Blangpidie Kabupaten Abdya Provinsi Aceh, Junaidi Idrus mengajak seluruh warganya untuk terus menerapkan pola hidup sehat.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:23 WIB
Kebakaran yang terjadi di ruangan Kabag Ops Polresta Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), diduga akibat arus pendek listrik.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 12:08 WIB
Ruangan Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Mamuju, Sulawesi Barat, terbakar.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:56 WIB
Yaqut Cholil Qoumas mengaku bakal memanggil GP Ansor Pengurus Wilayah (PW) DKI Jakarta.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 11:41 WIB
Nayeon Twice resmi meluncurkan mini album debut solonya yang bertajuk Im Nayeon, pada Jumat, 24 Juni 2022.
News
Eno Dimedjo - 25 June 2022 | 10:45 WIB
DKI Jakarta menyediakan 100 unit bus gratis untuk mengantarkan masyarakat menuju lokasi perayaan malam puncak Jakarta Hajatan ke-495.
Loading ...